Los Angeles (ANTARA News/AFP) - "TRON: Legacy", film sains-fiksi 1982 yang dibuat-ulang oleh Disney, menempati posisi teratas box office Amerika Utara dalam pekan pertama peluncurannya, demikian data awal industri perfilman Hollywood, Ahad (19/12).

Film Jeff Bridges tersebut mengantungi 43,6 juta dolar AS dari penjualan tiket akhir pekan, kata Exhibitor Relations.

"TRON" sejauh ini mengalahkan pesaing utamanya, "Yogi Bear" --campuran 3D dan kegembiraan aksi hidup --yang juga memasuki akhir pekan perdananya. "Yogi Bear", menurut data itu memperoleh 16,7 juta dolar AS.

Di tempat ketiga bertengger "The Chronicles of Narnia", "Voyage of the Dawn Treader" --film ketiga dari alegori yang dilandasi atas buku klasik anak-anak C.S. Lewis. Film itu meraup 12,5 juta dolar AS.

Drama tinju Mark Wahlberg "The Fighter" berakhir di tempat keempat dengan penghasilan 12,2 juta dolar AS, sementara thriller romantis "The Tourist" --yang menampilkan bintang Johnny Depp dan Angelina Jolie-- memperoleh 8,7 juta dolar AS.

Film "Tangled" merosot ke posisi keenam. Kisah animasi fable tentang Putri Rapunzel, yang berambut panjang, meraih 8,67 juta dolar AS.

"Black Swan", film balet yang dibintangi oleh Natalie Portman sebagai seorang penari di satu perusahaan New York yang menjelajahi sisi kelam industri itu dan nafsunya sendiri, berada di tempat ketujuh. Film tersebut mengantungi 8,3 juta dolar AS.

"How Do You Know", komedi romantis baru Reese Witherspoon, menghasilkan 7,6 juta dolar AS pada pekan premiernya, dan menduduki tempat kedelapan.

Film "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part One" meraup 4,85 juta dolar AS, sehingga secara keseluruhan serial populer remaja penyihir yang diangkat dari novel karya J.K. Rowling tersebut sudah meraup 265 juta dolar AS.

"Unstoppable", yang menampilkan bintang Denzel Washington dan Chris Pine sebagai dua pahlawan berani yang berusaha mencegah tabrakan dengan satu kereta tak terkendali yang berisi bahan berbahaya, menutup tempat ke-10 dengan penghasilan 1,8 juta dolar dari penjualan tiket. (C003/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010