Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk masa jabatan hingga akhir 2011, Busyro Muqoddas, mengucapkan sumpahnya di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Upacara pelantikan Busyro Muqoddas sekaligus pengucapan sumpah dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin, pada pukul 14.00 WIB.

Busyro terpilih sebagai ketua KPK menggantikan Antasari Azhar melalui pemungutan suara di Komisi III DPR pada bulan lalu mengalahkan kandidat lainnya, Bambang Widjojanto.

Busyro diangkat menjadi Ketua KPK sampai akhir 2011 melalui Keputusan Presiden No 129/P/2010 tertanggal 10 Desember 2010.

Pelantikan Busyro disaksikan pula oleh Wakil Presiden Boediono serta seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu II dan pimpinan lembaga negara.

Hadir antara lain Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa dan dua wakil Ketua MA serta jajaran ketua muda MA.

Selain itu hadir pula Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto dan M Jasin beserta jajaran direktur KPK dan para anggota Komisi Yudisial yang akan mengakhiri masa jabatannya.

Selain melantik Busyro sebagai Ketua KPK periode 2010-2011, Presiden juga melantik tujuh anggota Komisi Yudisial terpilih yang akan menjabat untuk periode 2010-2015.

Tujuh anggota KY terpilih melalui pemungutan suara di Komisi III DPR pada awal Desember 2010 yang mengucapkan sumpahnya di hadapan Kepala Negara itu adalah Abbas Said, Eman Suparman, Ibrahim, Imam Anshori Saleh, Jaja Ahmad Jayus, Suparman Marzuki, dan Taufiqurrohman.

Tujuh anggota KY tersebut ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 130/P/2010 tertanggal 10 Desember 2010.
(P008/B010)

Pewarta: NON
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010