Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Ameria Serikat Dr Dino Patti Djalal mengatakan Indonesia saat ini berada di era yang sangat strategis dalam hubungannya dengan Amerika Serikat (AS).

"Dengan adanya Comprehensive Partnership yang diluncurkan saat kunjungan Presiden Obama ke Indonesia baru-baru ini, sekali kali menjelaskan Indonesia kini sejajar dengan AS baik dalam hubungan bilateral maupun dalam menangani permasalahan regional dan internasional," ujar Dubes.

Dino Patti Djalal dalam pertemuan dengan sekitar 175 masyarakat Indonesia di Houston yang diselenggarakan Sabtu malam, 18/11/2001 di KJRI Houston.

Duta Besar Dino Patti Djalal yang didampingi istrinya Rosa Rai Djalal, lebih lanjut mengatakan bahwa generasi Indonesia saat ini adalah generasi yang paling demokratis, menjunjung tinggi emansipasi, melek huruf, terbuka dan egaliter.

"Ini merupakan potensi dan driver bagi kemajuan dan kejayaan Indonesia dimasa depan," kata Dubes seperti dikutip dalam pernyataan pers KJRI Houston yang diterima ANTARA, Senin.

Duta Besar Dino Djalal berpesan kepada masyarakat agar bangsa Indonesia, di mana pun berada, tampil lebih percaya diri. Indonesia kini tampil dengan profil yang baru, baik dibidang hubungan luar negeri, demokrasi, politik, HAM dan ekonomi. Indonesia bukan lagi negara dunia ke-3, tetapi adalah emerging economy dan menjadi anggota G-20

Pertemuan yang diawali makan malam bersama masyarakat itu, berlangsung akrab dan santai, diakhiri dengan tanya jawab. KJRI Houston juga membagikan buku best-seller tentang kepemimpinan, "Harus Bisa" kepada masyarakat Indonesia.

Buku tersebut tentang kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ditulis oleh Dino Patti Djalal.

Dino berada di Houston juga untuk memimpin Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI se-Amerika Serikat 2010 yang diselenggarakan di KJRI Houston tanggal 17-19 Desember.

Rapat Kerja diikuti oleh Wakil Tetap RI untuk PBB New York, Duta Besar Hasan Kleib, Konjen RI Chicago Benny Bahanadewa, Konjen RI Los Angeles Hadi Martono, Konjen RI San Fransisco Asianto Sinambela, Acting Konjen RI New York Bambang Antarikso dan Konjen RI Houston Al Busyra Basnur sebagai tuan rumah.

Hadir juga Pimpinan Bank Indonesia di New York, Kepala Pusat Promosi Perdagangan RI di Chicago dan Los Angeles.

(F001/S026)

Pewarta: NON
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010