Jakarta (ANTARA News) - Generasi yang lebih tua sering diasumsikan tidak melek digital. Tetapi, riset baru dari Pew Internet and American Life project, menunjukkan bahwa orang yang lebih tua menjadi secakap orang yang lebih muda dalam urusan online.

Berdasarkan laporan Generasi 2010 dari Pew kecenderungan tren online terbesar yang ditemukan adalah itu. Sedangkan, kelompok yang sangat muda dan tertua mungkin berbeda, kunci khusus penggunaan Internet menjadi lebih seragam diantara semua kelompok usia.

Penelitian menemukan bahwa para pengguna Internet berusia 34 dan lebih tua lebih cenderung terikat dalam beberapa kegiatan online daripada mereka yang berusia 33 dan lebih muda. Kegiatan itu termasuk mengunjungi situs-situs pemerintah dan mendapatkan informasi keuangan online.

Aktivitas online yang menjadi lebih seragam diantara semua kelompok usia adalah e-mail, mesin pencari, memperoleh informasi kesehatan, mengikuti berita, riset atau berbelanja (termasuk reservasi perjalanan), perbankan online, menyediakan tinjauan atau peringkat, donasi untuk amal, dan mengunduh "podcast."

Meskipun orang yang lebih muda secara signifikan lebih cenderung untuk menggunakan layanan jejaring sosial, Pew melaporkan bahwa "pertumbuhan tercepat datang dari pengguna Internet berusia 74 tahun dan lebih tua: pengunaan situs jejaring sosial untuk kelompok tertua naik empat kali lipat sejak 2008, dari 4% hingga 16 persen."

Beberapa tren online juga mengalami penurunan dalam segi usia. Menurut Pew, orang dewasa kebanyakan mencari informasi kesehatan online. Tetapi saat ini, kegiatan itu menjadi kegaitan online terpopuler ketiga bagi semua pengguna Internet berusia 18 tahun dan lebih tua.

Akses Internet tanpa kabel bukan lagi milik generasi muda semata. Seperti penelitian akses Internet mellaui perangkat bergerak tenaga kerja yang dilakukan oleh iPass, menempatkan usia tengah dari pekerja yang mendapatkan Internet melalui perangkat bergerak pada usia 46 tahun.

Pew menemukan bahwa 55 persen dari orang berusi 46-55 tahun mengakses situs atau media digital atau layanan-layanan lain melalui laptop, ponsel, atau perangkat bergerak lain yang terkoneksi Internet. Angka itu turun ke 46 persen untuk orang berusia 56-64 tahun, dan 33 persen untuk orang berusia 65-73 tahun.

Pew Internet and American Life project adalah lembaga riset nirlaba yang menyediakan informasi mengenai, sikap isu-isu dan kecenderungan yang membentuk Amerika dan dunia.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010