Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Menjelang liburan hari natal 25 Desember 2010 di Pagaralam, Sumatera Selatan, sejumlah vila dan hotel "full booking" atau sudah penuh dipesan pelanggan dari berbagai daerah.

Pengelola Hotel dan Villa Gunung Gare milik Pemkot Pagaralam, Ratna Ichsan, di Pagaralam, Selasa, mengatakan semua kamar hotel sudah habis dipesan tamu yang ingin merayakan liburan natal termasuk menghadapai tahun baru 2011 mendatang.

"Sebulan sebelum libur panjang ini pengunjung sudah memesan kamar hotel khususnya di pengginapan lokasi wisata Gunung Dempo. Untuk kamar hotel jumlahnya sekitar 140 unit, meliputi Villa Gunung Gare, Hote Wisata, Villa Besemah dan terakhir Villa Eks MTQ," kata dia.

Menurut dia, kondisi yang ada sebulan sebelum perayaan natal ini, kamar hotel dan villa sudah banyak dipesan.

Dia merincikan, seperti BUMN, BUMD, istansi pemerintah dan beberapa organisasi kemasyarakatan lainnya. Kebanyakan pemesan berasal dari perusahaan baik milik pemerinrah dan swasta di Sumsel.

"Seminggu sebelum acara villa dan hotel sudah penuh, bahkan ada pengunjung yang memesan sebulan sebelumnya, takut tidak kebagian penginapan," ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya mengatasi banyaknya pengunjung yang hendak menginap sementara hotel dan villa sudah penuh dipesan, maka pihaknya mengarahkan para pelanggan untuk menghubungi hotel di kawasan pusat kota.

"Bukan hanya villa dan hotel di kawasan gunung penuh, hingga saat ini hotel yang ada di kawasan Kota Pagaralam, seperti Hotel Dharma Karya maupun Hotel Mirasa, Villa Lahat juga telah penuh," kata dia lagi.

Dia mengatakan, untuk sementara ini khusus tanggal 25 Desember 2010 tamu tidak dapat dilayani lagi, karena semua kamar hotel sudah dipesan para tamu.

"Apabila ada kegiatan penting besar seperti tahun baru, perayaan hari besar keagamaan, masa liburan maupun perayaan HUT Kota Pagaralam dan HUT RI, villa dan hotel selalu kewalahan melayani pengunjung," kata dia lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Pagaralam, Safrudin, mengatakan untuk menghadapai lonjakan pengunjung fasilitas hotel dan villa diperbanyak.

"Nantinya pada malam puncak tahun baru kita akan mengadakan hiburan rakyat di lokasi wisata Gunung Gare, kita ingin memberikan kepuasan terhadap wisatawan yang datang," kata dia.

Dia menambahkan, perayaan natal dan malam pergantian tahun ini bertepatan dengan libur akhir pekan, sehingga kesempatan orang untuk berkunjung ke Kota Pagaralam lebih besar, selain itu di kota tersebut ada 32 air terjun dan 10 kolam wisata alam.

"Semua fasilitas itu sebagai pendukung dunia pariwisata, sehingga wajar saja bila setiap liburan banyak yang datang berkunjung," ungkapnya. (ANT-127/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010