Bantul (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau sekolah di daerah ini untuk lebih memperbanyak pendalaman materi guna menghadapi Ujian Nasional tahun ajaran 2010/2011.

"Semester depan sekolah kami imbau untuk lebih memperdalam materi kepada siswa agar dapat menghadapi Ujian Nasional (Unas) 2011 mendatang," kata Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Sahari di Bantul, Selasa.

Menurut dia, imbauan tersebut disampaikan pekan lalu sebelum dimulainya liburan sekolah pekan ini melalui masing-masing kepala sekolah di seluruh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

"Kami ingin pihak sekolah mempersiapkan sejak awal masuk sekolah di semester mulai pekan mendatang, sehingga siswa mampu menghadapi Unas dengan hasil yang memuaskan," katanya.

Ia mengatakan sekolah bisa mengefektifkan kegiatan akademik berupa bedah materi sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang diterbitkan pusat berdasarkan kurikulum yang dilaksanakan di sekolah-sekolah.

"Dalam hal ini guru mata pelajaran yang bersangkutan perlu membedah kisi-kisi materi yang akan diujikan dalam Unas sesuai standar kompetensi kelulusan tersebut," katanya.

Kemudian, kata dia hasil pendalaman materi dijabarkan dalam soal-soal yang diberikan kepada siswa untuk latihan mengerjakan soal, sehingga setidaknya siswa siap atau mengetahui model soal yang akan keluar dalam Unas.

Sementara itu, kata dia untuk siswa juga diimbau dapat mengikuti try out di luar sekolah yang disediakan di lembaga bimbingan belajar maupun tempat les belajar, dengan harapan memperkaya materi yang akan dujikan saat Unas.

"Kami berharap sekolah maupun siswa lebih memprioritaskan kegiatan akademik guna menghadapi Unas dibanding dengan kegiatan ekstrakurikuler atau yang bukan untuk persiapan Unas," katanya. (ANT-068/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010