Baghdad (ANTARA News) - Kelompok bersenjata menembaki mobil seorang jenderal angkatan darat dengan senjata berperedam di jalanan Baghdad, yang menewaskan jenderal tersebut dan melukai anak perempuannya, menurut pejabat Kementerian Pertahanan dan Dalam Negeri, Kamis.

Serangan itu terjadi pada Rabu malam di distrik Mansour di ibukota, kata para pejabat. Menurut mereka, korban adalah General Imad Hasham dari divisi keenam tentara.

Dalam sebuah serangan lain, Rabu malam, kelompok bersenjata juga dengan senjata kedap suara menembak dan melukai seorang perwira polisi, Letnan Kolonel Majid Hamid ketika ia mengemudi melalui kawasan Amiriya di Baghdad, kata para pejabat.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki menyebut keamanan sebagai salah satu dari tiga prioritas utamanya setelah parlemen pada Selasa menyetujui pencalonannya untuk periode kedua masa jabatan dan memberikan persetujuan kepada pemerintah persatuan nasionalnya.

Sekalipun aksi kekerasan telah menurun secara dramatis di Irak sejak puncaknya terjadi di tahun 2006 dan 2007, serangan tetap lazim terjadi, terutama di ibukota dan kota utama bagian utara, Mosul.

Jumlah korban tewas dalam aksi kekerasan di Irak bulan lalu adalah yang terendah dalam setahun untuk dua bulan berjalan, dengan 171 orang tewas --105 warga sipil, 23 tentara dan 43 polisi, demikian laporan AFP.

(G003/B002/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010