Beijing (ANTARA News) - Para pedagang China yang ingin mengeruk uang dengan memanfaatkan kehebohan sehubungan dengan pernikahan Pangeran William dari Inggris dan Kate Middleton pada April tahun depan menjual tiruan cincin pertunangan Kate dengan harga cuma tiga dolar AS.

Tiruan cincin batu safir-dan-permata yang bernilai 45.000 dolar AS yang diberikan Pangeran Inggris itu kepada Kate Middleton ditawarkan di berbagai toko di Taobao.com, toko "daring" (dalam jaringan) terbesar di China. Cincin itu dulu dimiliki oleh ibu Pangeran William, Putri Diana.

Kebanyakan dijual dengan harga kurang dari 100 yuan (15 dolar AS), yang termurah --yagn diduga dibuat dari zircon dan suasa-- tersedia dengan harga cuma 19,9 yuan, atau sekitar tiga dolar AS, demikian laman Taobao yang diteliti oleh AFP.

Cincin asli tersebut diberikan kepada Putri Diana oleh ayah Pangeran William, Pangeran Charles, ketika mereka bertunangan pada Februari 1981. Charles dan Diana bercerai pada 1996 dan ia tewas dalam kecelekaan mobil di Paris pada tahun berikutnya.

Media China pekan ini melaporkan pabrik di Yiwu, China timur, pasar grosir terbesar di dunia untuk produk kecil, membuat tiruan oleh-oleh perkawinan kerajaan, dari cicin sampai gelas dan boneka tiruan.

Produsernya, yang khawatir jika memikirkan tuntutan hukum mengenai hak cipta, mengatakan mereka membuat perubahan kecil pada cincin perkawinan tiruan mereka, dengan mengurangi jumlah "permata" di sekitar batu "safir", demikian laporan tersebut.

"Saya percaya pemilik perusahaan lain sama dengan saya --tak seorang pun dari kami mau menghadapi resiko" berkaitan dengan pembuatan tiruan persis seperti aslinya, kata Zhou Mingwang, pengusaha di Yiwu, sebagaimana dikutip satu laporan.

Cincin tiruan murah, menurut laporan, juga telah beredar di rak toko di Brazil.(*)

AFP/C003/B002

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010