Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya, meminta seluruh masyarakat di wilayah kepulauan ini, agar memanfaatkan hari raya Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 sebagai ajang perdamaian antarumat beriman, beragama dan bermasyarakat.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk saling mengunjungi, saling memaafkan dan sekaligus menyatukan tekad dan semangat serta bergandengan tangan dan terus melakukan aktivitas membangun daerah dan bangsa ini," katanya di Kupang, Sabtu.

Agar Natal benar-benar menjadi ajang perdamaian, menurut dia, maka seluruh komponen masyarakat menciptakan suasana kehidupan yang tertib, aman, damai dan harmonis di seluruh wilayah ini, sehingga pelaksanaannya berjalan lancar.

Situasi dan kondisi yang aman selama ini, kata Lebu Raya, harus tetap dijaga dipertahankan dengan menjauhi tindakan atau perbuatan yang menggangu jalan perayaan hari raya ini.

Lebu Raya pada kesempatan itu juga menegaskan hari raya Natal dan tahun baru hendaknya melandasi setiap aktivitas masyarakat dan menjadi daya dorong untuk Sehati Sesuara Membangun Nusa Tenggara Timur Baru.

"NTT yang baru dalam konteks ini, adalah hati dan perbuatan yang baru, sikap dan semangat yang baru dalam hidup meng-umat, bermasyarakat dan berbangsa," katanya.

Membangun NTT Baru, kata Lebu Raya, juga harus dimaknai dengan merefleksikan kesuksesan dalam melaksanakan pembangunan yang masih tertunda pada hari kemarin dan merupakan kesempatan untuk memperbaiki pada tahun baru menuju ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Semangat Natal dan Tahun Baru, katanya, harus juga menumbuhkan tekad dan semangat baru untuk untuk melawan kemiskinan, kemelaratan, keterbelakangan yang sampai saat ini masih mendera sekitar 1,2 dari 4,7 juta rakyat NTT.

"Cara melawan masalah sosial ini yang paling tepat dan efektif adalah dengan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas, sehingga menghasilkan manusia NTT yang sehat dan memiliki sumber daya yang handal dalam melaksanakan delapan agenda pembangunan yang saat ini fokus pada Empat Tekad Pemerintah NTT saat ini," katanya.

"Pemerintah berharap pada saatnya provinsi NTT menjadi Provinsi Jagung, Provinsi Ternak, Provinsi Koperasi dan Provinsi Cendana sesuai dengan karakteristik dan sumber daya alam yang dimiliki," katanya.

Untuk mewujudkan hal ini maka dukungan nyata dan konkrit dari berbagai komponen masyarakat di wilayah ini sangat diharapkan.

Lebu Raya atas nama Pemerintah dan segenap masyarakat NTT menyampaikan selamat Natal 25 Desember 2010 bagi yang merayakannya dan Tahun Baru 1 Januari 2011.
(T.ANT-084/B013/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010