Bogor (ANTARA News) - Pada malam pergantian tahun baru, Satlantas Polres Bogor akan menutup jalur menuju Puncak guna mengantisipasi stagnasi dan menumpuknya volume kendaraan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, demikian Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Fathoni Riza, Senin.

Penutupan jalur tersebut diberlakukan mulai Jumat (31/12) pukul 20.00 WIB hingga 06.00 WIB keesokan harinya.

AKP Fathoni Riza meminta masyarakat menyesuaikan jadwal keberangkatan menuju Puncak agar tidak terkena imbas penutupan.

"Jika ingin ke Puncak bisa datang sebelum diberlakukannya penutupan tersebut," katanya.

Fathoni mengatakan, polisi menyediakan jalur alternatif dengan mengalihkan arus kendaraan menuju Cianjur ke dua jalur lain, yaitu Ciawi-Sukabumi dan Cibubur-Jonggol.

Informasi penutupan jalur Puncak tersebut telah disebar oleh polisi kepada masyarakat melalui media massa, pamflet dan informasi melalui jejaring Facebook TMC Satlantas Polres Bogor dan Twitter.

"Kita menyebarkan 20.000 pamflet kepada para pengguna jalan yang disebar di tiga titik, yakni Simpang Gadok, Puncak, dan Ciawi," katanya.

Penutupan jalur Puncak pada malam pergantian tahun tersebut kata Fathoni menjadi prioritas Polres Bogor mengingat dari pengalaman setiap malam pergantian tahun terjadi kemacetan di kawasan Puncak akibat tingginya volumen kendaraan ke lokasi wisata tersebut.

Tingginya volume kendaraan tidak sebanding dengan kapasitas jalan yang tersedia sehingga Satlantas Polres Bogor harus menutup jalur tersebut.

Fathoni menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lalulintas di kawasan Puncak agar tidak terjebak kemacetan dapat mengakses akun Facebook di tmcpolresbogor@yahoo.com, twitter di @tmclantasbogor.

"Atau bisa langsung menghubungi petugas TMC Satlantas Polres Bogor di 0251-8241100," katanya.(*)

KR-LR/AR09

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010