Jakarta (ANTARA) - Banyaknya masyarakat yang ingin berlibur di kebun binatang Ragunan Jakarta Selatan, Sabtu, mengakibatkan antrean kendaraan maupun pejalan kaki.

Dari pantauan ANTARA di Jakarta, Sabtu terlihat kemacetan kendaraan terasa mulai perempatan Tanjung Barat karena arus lalulintas dari Jalan Margatsatwa yang menuju langsung ke Jalan Harsono RM dialihkan melalui Jalan TB Simatupang.

Sesampai di perempatan Ragunan tepatnya depan Kementerian Pertanian hingga kebun binatang kemacetan semakin tak terhindarkan bahkan kendaraan baik sepeda motor, mobil, bus terpaksa berhenti karena tak bisa lagi bergerak maju.

Akibatnya para pengunjung harus berjalan sejauh lebih kurang satu kilometer untuk memasuki Kebun Binatang Ragunan dan kondisi tersebut mengakibatkan sepanjang jalan Harsono RM dipenuhi "lautan" manusia yang berjejalan hendak ke tempat wisata tersebut.

Menurut pengakuan Maman, pedagang buah yang mangkal di kawasan tersebut, kepadatan pengunjung mulai terjadi sekitar pukul 13.00 karena pada umumnya warga baru berdatangan pada siang hari setelah semalaman melewati pergantian tahun.

"Pagi tadi pengunjungnya belum terlalu banyak, masih sepi, baru sekitar jam satuan (13.00) berjubel," katanya.

Para pengunjung yang datang ke Ragunan rata-rata membawa keluarganya mulai dari bapak-ibu, anak, sampai kakek neneknya ataupun bersama tetangga, mereka tidak hanya datang dari kawasan DKI Jakarta namun juga wilayah sekitar ibu kota seperti Depok, Citayam, Bekasi, bahkan dari Jabar, Jateng dan provinsi lain yang kebetulan sedang berlibur di Jakarta.

Kepadatan pengunjung tersebut diperparah adanya penjual kaki lima yang membuka lapak seenaknya di sepanjang jalan Harsono RM hingga depan pintu utama Ragunan sementara belasan polisi terlihat mengatur arus lalu lintas agar bisa tertib.

keramaian juga tampak di loket pembelian tiket.

Di loket-loket penjualan tiket pengunjung juga berjubel untuk mendapatkan karcis masuk ke Ragunan. Setelah mendapatkan tiket, mereka lalu mengantre masuk ke dalam lingkungan kebun binatang.

Sementara itu panjangnya antrean tiket yang menyebabkan pengunjung berjubel hingga di sepanjang jalan Harsono RM membuat sebagian diantara mereka mengurungkan niat untuk berlibur di Kebun Binatang Ragunan dan memilih kembali pulang.

"Tahu begini tadi saya tidak ke sini. Lebih baik jalan-jalan saja ke mall," kata Ani seorang ibu sambil menggendong anaknya.

Sekitar pukul 14.30 WIB, hujan sempat mengguyur kawasan Kebun Binatang Ragunan, meski hanya sesaat namun membuat pengunjung ragunan berlarian mencari tempat teduh hingga ke warung-warung sementara pengendara sepeda motor basah kuyup.

"Kepadatan dijalan ini bisanya masih akan terjadi hingga maghrib," kata Rahmat pemilik warung yang tak jauh dari Kebun Binatang Ragunan.

Dari data yang dikeluarkan Traffic Manajement Centre (TMC) Polda Metro Jaya, total jumlah pengunjung ke Kebun Ragunan hingga pukul 14.00 WIB mencapai 140.651 Orang sedangkan kendaraan meliputi 12.509 sepeda motor, 3.485 Mobil, serta 58 Bus.
(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011