Bandung (ANTARA News) - Arus balik penumpang liburan Natal dan Tahun Baru 2011 di Stasiun Bandung dan Kiaracondong Kota Bandung meningkat signifikan, Minggu. Peningkatan jumlah penumpang arus balik liburan Tahun Baru 2011 diperkirakan berlangsung hingga kedatangan KA pada Senin (3/1) pagi.

"Kedatangan penumpang KA dari jurusan timur meningkat sejak Minggu pagi, puncaknya Minggu dan Senin besok. Sedangkan penumpang yang berangkat ke tujuan Yogya, Solo dan Surabaya juga masih penuh melebihi 100 persen," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Minggu.

Ia menyebutkan, sejumlah penumpang yang tiba pada Senin seperti KA Argo Wilis Surabaya - Bandung, Lodaya pagi Solo - Bandung dan Harina Semarang - Bandung penuh.

"Volume penumpang balik masih tinggi baik dari Surabaya, Malang maupun dari Solo dan mereka akan tiba Senin besok," katanya.

Penumpang KA komersial seperti KA Argo Wilis, Harina, Turangga, Lodaya, Mutiara Selatan dan Malabar berhenti di Stasiun Bandung, sedangkan KA kelas ekonomi seperti KA Kahuripan Kediri - Bandung, Pasundan (Surabaya - Bandung) serta Kutojaya (Kutoarjo - Bandung) perhentian terakhirnya di Stasiun Kiaracondong.

Sama halnya penumpang KA Argo Parahyangan jurusan Bandung - Jakarta okupansinya juga meningkat. Baik dari Bandung maupun menuju Jakarta penumpanya 100 persen.

Menurut Bambang, PTKA Daop II menggelar operasi angkutan liburan Natal dan Tahun Baru 2011 mulai 23 Desember 2010 hingga 3 Januari 2011. Selain melayani dengan formasi yang ada, juga dilakukan penambahan kereta di sejumlah rangkaian seperti KA Mutiara Selatan, Argo Wilis, Lodaya dan Harina.

"Okupansi penumpang KA yang berangkat maupun yang tiba di Bandung rata-rata penuh hingga 100 persen, termasuk juga Argo Parahyangan," kata Bambang.

PTKA sendiri memberlakukan penyesuaian tarif, namun peningkatannya tidak setinggi tarif saat angkutan Lebaran 2010 lalu.

Ia menyebutkan KA jurusan ke timur juga penuh, seperti KA Kahuripan Bandung - Kediri yang berangkat Sabtu (1/1) malam pukul 20.50 WIB okupansinya mencapai 180 persen sehingga tidak semua penumpang terangkut. Sisa penumpang KA itu diangkut dengan KA Pasundan Bandung - Surabaya yang berangkat Minggu pagi dari Stasiun Kiaracondong.

Hal sama juga dengan KA Kutojaya Selatan pemberangkatan Sabtu pukul 21.30 WIB juga mengalami peningkatan penumpang dengan okupansi melebihi 100 persen.

"Peningkatan penumpang KA ekonomi jurusan ke timur mencapai 15 persen. Angkuatan liburan Tahun Baru 2011 ini lebih merata karena masih dalam rangka liburan sekolah," kata Bambang.

Lebih lanjut, juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menyebutkan, peningkatan penumpang juga untuk KRD dan KRDE Baraya Geulis di dalam Kota Bandung dengan peningkatan penumpang lebih 25 persen.

Angkutan itu dimanfaatkan oleh warga Bandung yang berwisata di dalam kota seperti ke Kebun Binatang, Taman Lalu Lintas, Gunung Tangkuban Parahu atau ke sejumlah kawasan wisata belanja seperti Cihampelas, sentra FO Jalan Martadinata dan Dago serta Alun-alun Bandung.(*)

(U.S033/Y008/R009)

Pewarta: NON
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011