Cirebon (ANTARA News) - Penumpang kereta api dari Cirebon menuju Jakarta, Senin, masih membludak kendati sudah memasuki hari kerja setelah liburan Natal dan tahun baru.

"Penumpang KA masih padat dan diperkirakan pada pemberangkatan KA yang keempat yakni pukul 10.00 WIB masih penuh," kata Wakil Kepala Stasiun Besar Cirebon M.Saleh kepada wartawan di Cirebon, Senin.

Menurut dia, pada pemberangkatan pertama pukul 05.45 WIB yakni KA Argojati kelas eksekutif dengan enam rangkaian gerbong semua kursi penuh.

Kemudian disusul KA Cirebon Ekpres yang terdiri atas lima gerbong eksekutif dan empat gerbong bisnis ada penumpang berdiri yakni sekitar 10 persen.

Sementara KA tambahan angkutan liburan Natal dan tahun baru terakhir dioperasikan Minggu (2/1) pukul 19.00 WIB.

Karena itu, kendati pada hari Senin (3/1) calon penumpang masih padat, tidak ada kereta tambahan karena diperkirakan dengan enam kereta yang diberangkatkan dari Cirebon ke Jakarta semua terangkut.

Dipihak lain, Daop III Cirebon terus melakukan penertiban penumpang yang tidak memiliki karcis.

"Khusus hari ini, Senin, kami akan melakukan pemeriksaan khusus bagi penupang yang naik dari Cirebon kalau-kalau ada yang yang tidak memiliki karcis," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan KA Argojati yang berangkat pukul 05.45 WIB tidak ada penumpang yang tidak memiliki karcis, katanya.

Sementara itu, pemeriksaan penumpang KA Cirebon Ekpres karena banyak yang berdiri akan dilakukan sambil jalan.

"Pemeriksaan akan berlangsung antara stasiun Cirebon dan Jatibarang. Mudah-mudahan tidak ada yang tidak memiliki karcis," katanya.

Bagi yang tidak memiliki karcis dikenakan denda sebesar tiket dua kali lipat, katanya seraya menambahkan hingga hari Senin (3/1) diberlakukan tarif atas, yakni eksekutif Argojati Rp115 ribu, eksekutif Cirebon Ekpres Rp95 ribu dan bisnis Cirebon Ekspres Rp75 ribu.(*)

Y003/A011

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011