London (ANTARA News) - Pesan Natal pertama Ratu Elizabeth II terbukti menjadi pesan terpopulernya dalam era Internet.

Telegraph melaporkan pesan yang di-posting di Youtube itu dilihat oleh lebih dari satu juta pengunjung.

Keluarga kerajaan meluncurkan saluran yang didedikasikan pada Youtube tahun 2007.

Musim dingin lalu mencapai sembilan juta pengunjung, berkat tayangan Hari Natal terbaru Ratu, yang dilihat 82.000 kali.

Bagaimanapun juga, video bersejarah yang direkam tahun 1957 terbukti paling populer, meraih hampir 1,2 juta hit.

Video hitam putih itu ditayangkan dari Sandringham. Pesan berdurasi tujuh menit itu menjelaskan bagaimana waktu sudah berubah.

Ratu yang saat itu berusia 31 tahun, mengenakan kalung mutiara, berbicara dengan nada terputus dan melirik ke arah naskah tertulis seperti dia mengungkapkan harapan bahwa "media baru" televisi akan mendekatkannya pada subyeknya.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa saya harus tampak sosok asing untuk kebanyakan dari Anda, pengganti raja-raja dan ratu-ratu sejarah. Seseorang yang wajahnya akrab di surat kabar dan film, tetapi yang tidak pernah benar-benar menyentuh kehidupan pribadi anda. Tetapi sekarang, setidaknya untuk beberapa menit. Saya menyambut anda pada ketenangan rumah saya sendiri," katanya, seperti dikutip Telegraph.

Ratu juga menyerukan perlindungan bagi agama dan moral kesusilaan di Inggris, dalam masa perubahan teknologi yang pesat.

"Itu bukan penemuan baru yang sulit. Masalah disebabkan oleh orang-orang yang tidak berpikir yang dengan ceroboh menghilangkan keabadian ideal seperti bila mereka adalah mesin tua dan bekas. Mereka akan mengesampingkan agamanya, moralitas dalam kehidupan pribadi dan publik membuat tidak berarti."

Salah satu video terbaru yang diunggah oleh Royal Channel menampilkan wawancara Pangeran William dan Kate Middleton mengenai pertunangan mereka. Video itu meraih 43.000 hit.

Seorang pegawai Istana Buckhingham mengatakan,"Rumah Tangga Kerajaan sangat berpikir ke depan dalam merangkul teknologi baru. Kami melakukan dengan sangat baik. Arsip rekaman sudah terbukti terpopuler."

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011