Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, mengharapkan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo dapat memilih calon wakapolri baru yang mampu menciptakan soliditas di internal Polri.

"Wakapolri Komjen Jusuf Manggabarani segera pensiun 11 Februari 2011 nanti, tapi bursa calon penggantinya sudah mulai panas pada saat ini," ujar Neta di Jakarta, Minggu.

Dikemukakannya pula bahwa uniknya bursa calon pengganti Jusuf Manggabarani itu ternyata lebih riuh dibahas di Komisi III DPR (bidang hukum) ketimbang di internal Polri sendiri.

Menurut Neta, situasi seperti itu dapat dipahami sebab posisi wakapolri kedepan sangat strategis mengingat pada 2014 terjadi pemilu dan pilpres, sementara Jenderal Pol Timur Pradopo yang menjabat Kapolri saat ini memasuki masa pensiunnya pada 2013.

Untuk itu, IPW berharap Kapolri Jenderal Timur Pradopo dapat memilih wakilnya dari figur yang berpengalaman, berintegritas dan berkomitmen dalam mendorong reformasi polri serta mampu memberantas praktek-praktek mafia hukum agar kasus Gayus tidak terulang dan bermasalah lagi di masa depan.

"Kapolri jangan terpengaruh dengan manuver para politisi dalam menggolkan calon-calonnya," ujarnya.

Ia menambahkan, bursa nama yang beredar saat ini ada tiga calon kuat yang dimunculkan sebagai pengganti Komjen Pol Jusuf Manggabarani, yakni Komjen Pol Imam Sudjarwo, Komjen Pol Nanan Soekarna dan Irjen Pol Oegroseno.
(T.D011/P003)

Pewarta: NON
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011