Jakarta (ANTARA News) - Puluhan pesohor bisa jadi diajukan ke pengadilan karena merekomendasikan barang-barang mewah di blog dan tweet-nya, tanpa memberi tahu follower bahwa mereka  sedang beriklan dan mendapat bayaran.

Badan pengawas konsumen di Inggris pada pekan-pekan mendatang akan menghubungi para aktor, bintang pop dan presenter TV yang pamer barang mewah mulai dari parfum hingga mobil.

Mereka yang  dipanggil bukanlah pesohor yang sembarang pamer, tapi yang pamer padahal diam-diam  dibayar untuk mengiklankan barang tersebut.

Office of Fair Trading, badan pemerintah Inggris, punya wewenang untuk menyeret para pelanggar aturan "iklan gelap" ke meja hijau.

Mereka akan menyeret para pesohor itu berdasarkan undang-undang tahun 2008 tentang perlindungan konsumen dari perdagangan tidak jujur. OFT menolak untuk mengungkapkan kasus yang sedang mereka dalami.

Di Amerika Serikat, para seleb bisa mendulang dolar dari men-tweet. Snoop Dogg bisa memperoleh sekitar 5.000 dolar untuk sekali tweet iklan.
(A038/A038/BRT)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011