Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia segera mengirimkan dana senilai sejuta dolar Amerika Serikat (AS) untuk mmebantu meringankan para korban banjir di Queensland, Australia.

"Saya sudah mengirimkan surat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), agar segera menggulirkan dana sebesar satu juta dolar Amerika ke Queensland," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di Jakarta, Minggu.

Agung menjelaskan, bantuan untuk Queensland tersebut merupakan instruksi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Presiden sudah menginstruksikan, maka saya segera membuat surat ke BNPB, agar mengirimkan bantuan tersebut dalam waktu dekat ini," katanya.

Pengiriman bantuan tersebut, menurut Agung, masih dalam proses dan setelah prosesnya selesai akan segera di transfer ke pemerintah setempat.

Agung juga menambahkan, alasan pemerintah Indonesia mengirimkan sejuta dolar AS ke Queensland karena Australia selama ini kerap membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana.

"Selama ini pemerintah Australia juga kerap membantu Indonesia khususnya pada saat terjadinya bencana, khususnya untuk bencana Wasior dan Mentawai bantuan Australia mencapai 7juta dolar Australia," katanya.

Oleh karena itu, ia menambahkan, pemerintah Indonesia bantuan dari Indonesia bisa ikut meringankan beban para korban banjir di Queensland.
(T.W004/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011