London (ANTARA News) - Pria ganteng dan perempuan cantik sering dipandang mendapat nasib baik. Ternyata penelitian baru menambah nasib baik itu; mereka  lebih pintar daripada kebanyakan orang.

Daily Mail melaporkan, penelitian yang dilakukan di Inggris dan Amerika Serikat menemukan bahwa pria dan perempuan menarik rata-rata memiliki IQ 14 angka di atas rata-rata orang.

Penemuan itu menjauhkan mitos si pirang bodoh atau pria ganteng tidak pintar.

Ternyata, orang ganteng atau cantik akan menarik pasangan  yang tak hanya rupawan tetapi juga pintar. Temuan itu berdasarkan riset oleh London School of Economics (LSE).

Anak-anak dari pasangan ini cenderung mewarisi kedua kualitas itu.

Peneliti LSE, Satoshi Kanazawa mengatakan kepada Sunday Times,"Daya tarik fisik secara positif berhubungan dengan kepandaian umum, baik dengan maupun tanpa kontrol dari kelas sosial, ukuran tubuh dan kesehatan.

Hubungan antara daya tarik dan kepandaian umum juga lebih kuat terlihat pada  pria daripada antara perempuan.

Dalam riset lainnya tentang kedudukan sosial, dia menemukan bahwa gadis kelas sosial menengah cenderung memiliki IQ lebih tinggi daripada mereka yang berasal dari kelas pekerja.

Di antara jutaan contoh dari kecantikan dan otak, ada supermodel Lily Cole yang menuntut ilmu di Cambridge University, aktris Kate Beckinsale, lulusan Oxford, dan fisikawan Brian Cox, yang pernah bermain keyboard dengan D:ream.

Di Inggris, penelitian itu menemukan bahwa pria yang secara fisik menarik memiliki IQ rata-rata 13.6 angka di atas normal sementara perempuan kira-kira 11.4 angka lebih tinggi.

Penemuan Kanazawa berdasarkan pada National Child Development Study yang diikuti 17.419 orang sejak mereka dilahirkan  pada bulan Maret 1958.

Sepanjang masa kecil mereka hingga awal masa dewasa, mereka diberi serangkaian tes untuk kemajuan akademik, kepandaian dan ditandai pada penampilan.

Penelitian di Amerika diambil dari National Longitudinal Study of Adolescent Health yang melibatkan penelitian serupa dari 35.000 orang Amerika usia muda.

Makalah Kanazawa dipublikasikan dalam jurnal akademik Intelligence.

"Pendapat kami bahwa orang cantik lebih pintar semata-mata ilimiah. Itu bukan rekomendasi atas bagaimana memperlakukan atau menilai orang lain," kata Kanazawa.
(ENY/A038/BRT)

 

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011