Jakarta (ANTARA News) - Salah seorang duta Piala Dunia Putri 2011, Shary Reeves, mengunjungi Indonesia untuk mensosialisasikan kejuaraan yang akan berlangsung di Jerman serta mengkampanyekan Belajar Tanpa Rasa Takut di Sekolah ("Learn Without Fear").

Reeves yang menjadi tamu Plan Indonesia (LSM Internasional yang fokus pada masalah anak) mengunjungi SMA Negeri 77 Jakarta Pusat, Senin, untuk misi kampanye tersebut.

Acara antara lain dihadiri oleh pengajar sekolah setempat, pejabat dinas pendidikan DKI Jakarta, dan Direktur Plan Indonesia John Mc Donough.

Kampanye Belajar Tanpa Rasa Takut di Sekolah adalah bagian dari kegiatan Plan International untuk mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak di dunia. Dipilihnya SMA Negeri 77 Jakarta Pusat adalah hasil rekomendasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Pada acara tersebut juga dilakukan pembuatan film dokumenter mengenai kegiatan sepakbola putri di sekolah tersebut. Reeves juga menyempatkan diri bermain sepak bola dengan tim putri SMA Negeri 77.

Untuk melatih keberanian, para siswa sekolah juga melakukan perbincangan dengan Reeves termasuk dengan menggunakan bahasa Inggris.

Reeves mengatakan, olahraga sepakbola dapat membangun kualitas perempuan. Ia mengatakan, sepakbola baik untuk wanita karena antara lain melatih kerja sama, saling bicara dan juga bekerja dalam tim.

Sementara itu Plan Indonesia mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat menular ke sekolah yang lainnya sehingga kegiatan belajar tidak lagi merupakan hal yang menakutkan bagi para siswa.

Piala Dunia Putri akan berlangsung pada Juni-Juli 2011 di Jerman. Sementara itu Reeves yang dahulu juga adalah pemain sepak bola kini antara lain mengasuh program keluarga dan anak-anak di televisi Jerman.

(U002/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011