Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akhirnya membatalkan program penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri Ujian Masuk pada tahun 2011.

"Tahun ini Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menjaring seluruh mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," kata Rektor UGM Sudjarwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pada seleksi mahasiswa baru tahun ini soal-soal yang dikembangkan UGM telah disepakati banyak diintegrasikan di dalam ujian tulis SNMPTN.

"Integrasi tersebut akan membuat hasil seleksi SNMPTN 2011 lebih berkualitas dan mampu menjaring calon mahasiswa terbaik," katanya.

Ia mengatakan, berhubung sudah diintegrasikan ke dalam SNMPTN, maka seleksi mandiri UGM berupa Ujian Masuk (UM) ditiadakan. Pendaftar yang sudah telanjur mendaftar akan diurus dan dipindahkan ke SNMPTN.

"UGM akan melaksanakan penjaringan mahasiswa baru dan membantu pelaksanaan Permendiknas 34/2010 untuk seleksi berkualitas tinggi. SNMPTN terdiri atas dua elemen, yakni ujian tulis dan undangan atau Penelusuran Bibit Unggul (PBU)," katanya.

Artinya, menurut dia, UGM tidak akan menyelenggarakan seleksi mandiri. Dengan demikian, UGM akan menjaring 100 persen mahasiswa baru melalui pola SNMPTN yang terdiri atas ujian tulis dan undangan.

"Rincian teknis untuk pelaksanaan seperti pembuatan soal SNMPTN tahun ini dilaksanakan oleh tim yang personelnya dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan sebagian besar UGM, ITB, dan UI," katanya. (*)

(L.B015*H010/S022/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011