Sleman (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri menyerahkan bantuan berupa isi hunian sementara (huntara) bagi korban Merapi yang tinggal di huntara di desa Kuwang, Argomulyo Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Bantuan tersebut diserahkan Mensos dan Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono serta Menteri Pertanian Suswono secara simbolis kepada warga di huntara desa Kuwang, Minggu.

Bantuan yang diberikan antara lain 90 paket family kit berupa 1.500 kaleng sarden, 250 botol kecap dan minyak goreng.

Sebanyak 50 unit huntara sudah dibangun di desa Kuwang, yang dihuni 88 kepala keluarga. Satu unit huntara terpaksa dihuni lebih dari satu KK, sambil menunggu seluruh huntara selesai dibangun.

Direncanakan sebanyak 2.613 unit huntara akan dibangun di Yogyakarta dan 261 unit di antaranya di desa Kuwang.

Setiap huntara mendapatkan kompor gas dan tabung elpiji tiga kilogram serta diilengkapi instalasi listrik.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, kedatangan rombongan menteri tersebut untuk melihat langsung kondisi warga dan perkembangan-perkembangan program bantuan sesuai dengan yang direncanakan.

"Kita prihatin dan di sini bukan hanya korban akibat erupsi Merapi, tapi juga awan panas, lahar panas dan sekarang lahar dingin," kata Agung Laksono.

Sebelumnya, rombongan menteri meninjau lokasi lahar dingin di kali Putih Magelang, Jawa Tengah, dan melihat penampungan ternak warga di Pakem, Yogyakarta.
(T.D016/C004/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011