Jerusalem (ANTARA News/AFP) - Israel secara hati-hati memantau perkembangan di Mesir dan upayanya difokuskan untuk mempertahankan "stabilitas dan keamanan" wilayah tersebut, kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Minggu.

"Kami dengan penuh perhatian mengikuti apa yang sedang terjadi di Mesir dan di wilayah kami," kata Netanyahu pada awal pertemuan kabinet mingguan sesudah mengadakan pembicaraan larut malam dengan para pejabat tinggi intelijen dan para menteri utama.

"Upaya kami difokuskan pada mempertahankan kestabilan dan keamanan di wilayah kami," katanya.

Perdamaian antara Israel dan Mesir telah ada selama lebih dari tiga dasawarsa dan tujuannya adalah "untuk memastikan bahwa hubungan ini terus ada," kata Netanyahu, sementara menegaskan Israel akan bertindak "secara bertanggungjawab, dengan mengekang diri dan sangat bijaksana."

Juga berkonsultasi dengan para menterinya, Netanyahu mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden AS Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengenai perkembangan di Mesir, dimana gelombang protes besar-besaran menelan negara itu.

Sejauh ini, lebih dari 100 orang telah terbunuh dalam demonstrasi terbesar yang melanda negara itu sejak akhir 1970-an, dimana para pengunjuk rasa menuntut pencopotan Presiden Mesir Hosni Mubarak. (ANT/K004)

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011