AsiaNet 43088

     TOKYO, 31 Januari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- NTT Communications (NTT Com) mengumumkan pada 31 Januari bahwa dengan bantuan dari NTT Com Asia yang berbasis di Hong Kong, perusahaan ini berencana meluncurkan Asia Submarine-cable Express (ASE), kabel bawah laut berkapasitas 40-gigabit-per-detik (Gbps), pada bulan Juni 2012. ASE akhirnya akan menghubungkan pusat-pusat bisnis utama di Asia Timur melalui kabel sekitar 7.200 kilometer, dan memiliki kapasitas angkut total melebihi 15 terabit per detik.

     ASE tengah dibangun oleh NTT Com, Telekom Malaysia, PLDT Filipina dan StarHub Singapura. Biaya konstruksi total diperkirakan mencapai sekitar 430 juta USD (sekitar 36 miliar yen).

     Ketika awalnya mulai beroperasi, ASE akan melayani Jepang, Malaysia, Singapura dan Filipina. Rute terpisah ke Hong Kong akan ditambahkan pada bulan Desember 2012. Koneksi ke China Daratan dan negara-negara lain Asia Tenggara diharapkan akan diluncurkan bekerjasama dengan operator utama di pasar ini.

     Dengan menggabungkan teknologi optik terbaru 40 Gbps, ASE akan meningkatkan kapasitas dan memperkuat redundansi jaringan kabel NTT Com di Asia, sehingga membuka jalan untuk meningkatkan layanan jaringan global yang akan memenuhi kebutuhan kawasan ini akan lalu lintas global, kelatenan jaringan rendah dan kehandalan. ASE juga mampu menggabungkan teknologi optik 100 Gbps di masa depan.

     ASE akan dirancang khusus untuk tahan gempa dan angin topan, terutama di daerah seperti Terusan Bashi di selatan Taiwan, di mana gempa bumi bawah laut telah mengganggu komunikasi internasional dalam beberapa tahun terakhir. Rute antara Jepang, Hong Kong dan Singapura akan mencakup jarak sesingkat mungkin guna memaksimalkan keandalan dan meminimalkan kelatenan.

     "Peluncuran ASE merupakan bukti lebih lanjut kehadiran NTT Com yang kian berkembang di pasar Asia," kata Akira Arima, Presiden dan CEO NTT Com. "Kami sangat senang atas peluang usaha yang ingin kami wujudkan dengan menjembatani Tokyo dan pusat-pusat ekonomi lain di Asia dengan jaringan kabel ASE berkecepatan dan berkapasitas tinggi kami."
   
     Tentang Corporation Komunikasi NTT
     Silakan kunjungi www.ntt.com/index-e.html
   
     Sumber: NTT Communications Corporation
   
     Kontak:
     (Bapak) Hiromasa Yoshida atau (Ibu) Miho Kanzaki
     Divisi Usaha Global
     NTT Communications Corporation
     Tel: +81-3-6733-8158
     e-mail: new-cable-gl@ntt.com

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011