Jakarta (ANTARA News) - Anggota tim verifikasi bakal calon Ketua Umum PSSI, Gusti Randa, menyatakan bahwa tidak ada calon persorangan ("independen") dalam pemilihan Ketua Umum PSSI periode mendatang.

"Tidak ada calon independen seperti pada pilkada. Setiap calon harus rekomendasi dari anggota PSSI," katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, mengacu statuta PSSI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para calon seperti minimal berusia 35 tahun, warga negara Indonesia, dan pernah aktif di persepakbolaan nasional minimal 5 tahun.

"Persepakbolaan yang dimaksud adalah yang berada di bawah naungan PSSI bukan yang ada di luarnya. Di statuta tidak ada penjelasan mengenai lima tahun berturut-turut," ucap pengacara ini.

Soal pengajuan nama, tim verifikasi akan menunggu hingga 5 Februari mendatang. Kongres pemilihan Ketua Umum PSSI sendiri dijadwalkan berlangsung di Bintan, Kepulauan Riau, 19 Maret 2011.

Saat ini PSSI dipimpin oleh Nurdin Halid. Dikabarkan muncul nama Jenderal TNI George Toisutta (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) yang akan maju sebagai calon Ketua Umum PSSI.

Sementara itu, PSSI mensinyalemen kemungkinan hal tersebut hanya "black campaign" (kampanye hitam) jelang kongres empat tahunan PSSI Maret mendatang, dengan munculnya isu pengaturan skor yang dilakukan dua oknum PSSI dalam Final Piala AFF pada saat di Malaysia beberapa waktu lalu.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes kepada wartawan menyatakan, itu sebagai fitnah dan tuduhan yang kejam.

(*)

        

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011