Banda Aceh (ANTARA News) - Total mahasiswa dan warga asal Aceh yang berada di sejumlah wilayah di Mesir tercatat 396 orang, dengan 81 jiwa diantaranya telah dievakuasi ke Tanah Air.

Kepala Biro Hukum dan Humas Sekda Provinsi Aceh Makmur Ibrahim di Banda Aceh Jumat menyebutkan bahwa kondisi kesehatan mahasiswa dan masyarakat Aceh di Mesir dalam keadaan sehat.

"Informasi yang kami peroleh dari posko di Mesir menyebutkan keadaan mereka yang belum di pulangkan ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan tidak ada diantaranya yang menjadi korban dampak kerusuhan di negara itu," katanya menyebutkan.

Disebutkan, 34 orang diantaranya telah tiba di Aceh setelah tiga hari ditampung di asrama haji Pondok Gede Jakarta Timur. Dan 47 orang pada Jumat (4/2) juga dalam penerbangan menuju Jakarta dari Mesir bersama WNI lainnya.

Mahasiswa dan warga asal Aceh di Mesir tersebar di empat wilayah di negara tersebut. "Untuk berkumpul di satu tempat saat ini belum memungkinkan karena jarak satu wilayah ke wilayah di Mesir cukup jauh yakni sekitar 30 kilometer," katanya menambahkan.

Makmur menyebutkan bahwa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf terus memonitor keadaan dan kondisi mahasiswa dan masyarakat Aceh, setiap dua jam sekali dan bagi keluarganya tidak perlu resah dengan keadaan di Mesir tersebut.

"Gubernur terus memonitor menanyakan perkembangan informasi masyarakat Aceh di Mesir, termasuk ke pihak KBRI di Kairo. Pihak KBRI telah melakukan langkah cepat dalam mengatasi masalah WNI di Mesir," kata dia.

Karo Hukum dan Humas Sekda itu juga menyebutkan Pemerintah Aceh akan terus memantau perkembangan masyarakat dan mahasiswa termasuk mereka yang telah tiba di Jakarta.

(A042/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011