Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian M Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011 - 2025 akan memuat delapan program utama di mana di dalamnya terdapat 18 aktivitas ekonomi.

"Terdapat delapan program utama yang meliputi 18 kegiatan prioritas," kata Hatta Rajasa di Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan, delapan program utama itu adalah industri, pertambangan, pertanian, kelautan, pariwisata, telekomunikasi, energi, dan pembangunan kawasan.

Program utama industri meliputi enam aktivitas ekonomi yaitu pengembangan industri baja, pengembangan industri makanan-minuman, industri tekstil, industri mesin dan peralatan transportasi, industri perkapalan, dan pengembangan lahan pangan.

Program utama pertambangan meliputi aktivitas pengembangan pengolahan nikel, pengembangan pengolahan tembaga, dan pengembangan pengolahan bauksit.

Program pertanian meliputi pengembangan kelapa sawit dan pengembangan karet. Program kelautan meliputi pengembangan perikanan.

Bidang pariwisata meliputi kegiatan pengembangan pariwisata. Bidang telekomunikasi meliputi pengembangan telematika. Bidang energi meliputi kegiatan ekonomi, pengembangan batu bara dan pengembangan minyak dan gas.

Sementara program utama kawasan meliputi pengembangan metropolitan Jabodetabek dan pengembangan Jembatan Selat Sunda.

Menurut Hatta, rencana induk tidak saja memberikan panduan arah perekonomian ke departemen, tetapi juga menyajikan sebuah rencana bisnis untuk Indonesia Incorporated yang kredibel.

"Masterplan ini harus menjadi produk yang bisa menawarkan terobosan perbaikan ke depan atau cut off dari problem masa lalu," kata Hatta.
(A039/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011