Karawang (ANTARA News) - Ai Kartiah (33),  tenaga kerja wanita asal Kampung Sukamanah, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia di Malaysia tanpa diketahui penyebabnya.

TKW itu berangkat ke Malaysia tahun 2009 melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT El Karim Makmur Sentosa.

"Saya mendapat telepon dari seseorang yang mengaku polisi Malaysia pada Senin siang, memberi tahu kalau anak saya meninggal dunia pada Minggu (6/2)" kata nenek korban, Ny Samih, di Karawang, Senin.

Dikatakannya, pemberi kabar itu  tidak menyebutkan  penyebab meninggalnya Ai.

Ai bekerja di Malaysia sebagai pembantu rumah pada majikan laki-laki yang bernama Ng Ming Kow dan majikan perempuannya Tye Che Phin.

Menurut Ny Samih, cucunya pernah mengaku terkadang mendapat penyiksaan setelah majikannya kalah  judi.

"Ai sudah lama bercerita tentang majikannya yang galak, tetapi mungkin Ai bertahan sampai kontraknya habis. Jadi, memaksakan bertahan hingga akhirnya meninggal dunia," kata dia.

Saat ini, katanya, pihak keluarga hanya menunggu jenazah Ai segera sampai ke rumahnya, serta meminta pihak terkait memenuhi hak-hak yang seharusnya diperoleh keluarga Ai.
(KR-MAK/Z003/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011