Los Angeles (ANTARA News) - Aktris Lindsay Lohan, Rabu (9/2), menyatakan ia tak bersalah dalam kasus pencurian kalung seharga 2.500 dolar AS dari satu toko perhiasan di Los Angeles.

Lindsay (24), yang berpakaian putih untuk tampil singkat di pengadilan, menghadapi satu tuntutan berat, pencurian. Jika dinyatakan terbukti bersalah, bintang "Mean Girls" tersebut dapat dijatuhi hukuman sampai tiga tahun penjara, kata jaksa penuntut, sebagaimana dikutip dari Reuters Life!

Lindsay didakwa keluar dari toko perhiasan di Los Angeles dengan membawa satu kalung emas tanpa membayar pada Januari --cuma tiga pekan setelah ia mengakhiri tugas kelima di pusat rehabilitasi alkohol dan obat-obatan dalam tiga tahun.

Pengacara Lindsay memasuki tahap pernyataan tak bersalah buat aktris itu di ruang pengadilan yang dipadati pengunjung dan kamera televisi yang merekam proses tersebut.

Banyak teman telah mengatakan Lindsay percaya kalung itu, yang telah dikembalikan kepada polisi, adalah pinjaman.

Lindsay, dengan mengenakan pakaian putih berlengan panjang dan kelihatan tenang, diperkirakan akan dibebaskan dengan jaminan, yang ditetapkan Rabu sore sebesar 20.000 dolar AS, setelah ia didaftarkan dan diambil gambarnya oleh para pejabat pengadilan.

Tuntutan pencurian berat pada Rabu adalah tuduhan paling serius yang dihadapi aktris tersebut dalam lebih dari tiga tahun kegagalannya dalam pemeriksaan obat-obatan. Ia sempat ditahan dan tak muncul di pengadilan.

"Kamu tak berbeda dengan orang lain, jadi jangan mengira keberuntungan akan berulang," kata Hakim Keith Schwartz kepada Lindsay Lohan. Hakim itu mengatakan dakwaan berat berbeda dari tuntutan sebelumnya terhadap dia sebab itu dipandang sebagai kejahatan yang lebih serius dengan hukuman yang lebih besar.

Lindsay masih berada dalam masa hukuman percobaan karena pelanggaran kepemilikan kokain dan mengemudi dalam keadaan mabuk pada 2007 yang telah menghentikan karir filmnya yang menjanjikan di Hollywood. Jika terbukti bersalah dalam kasus pencurian tersebut, ia juga berarti melanggar hukuman percobaan. Itu berarti aktris yang bermasalah tersebut akan mendekam lebih lama lagi di dalam bui.

Pada awal Januari, ia menyelesaikan tiga bulan tugas yang diperintahkan pengadilan di pusat rehabilitasi dan kelihatan telah mencela gaya hidupnya dulu yang berputar pada pesta pora dan pergi ke klub malam.

Lindsay juga mungkin akan menghadapi dakwaan pidana karena diduga menyerang seorang pekerja sewaktu ia berada di Betty Ford Center belum lama ini di Southern California. Kasus tersebut sedang dipelajari oleh jaksa penuntut umum.

Aktris itu mengukir ketenaran saat berusia 11 tahun di film Disney "The Parent Trap" dan terus meraih keberhasilan lewat "Freaky Friday" dan "Herbie Fully Loaded".

Tapi masalah hukum yang kelihatan terus merongrongnya telah menghalangi Lindsay untuk terus menghidupkan karirnya. Tugas terakhirnya di pusat rehabilitasi membuat ia kehilangan peran utama di satu film yang direncanakan buat dia mengenai bintang film porno 1970-an Linda Lovelace. Film terakhirnya, komedi aksi "Machete" diluncurkan pada September 2010, tapi hanya menghasilkan 26,6 juta dolar AS di box office Amerika Utara.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011