Jakarta (ANTARA News) - Dell Inc memamerkan perangkat tabletnya yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows untuk pengguna bisnis sekaligus upaya Dell untuk mendorong pasar ponselnya.

Meskipun banyak analis percaya sistem operasi Windows tidak cocok untuk tablet layar sentuh, Dell berkilah pelanggan komersilnya lebih memilih keakraban dan perangkat portabel Microsoft dengan sistem keamanannya.

Sebelumnya pembuat komputer PC terbesar kedua di dunia itu telah meluncurkan tablet yang berjalan dengan Google Android.

"Mengapa kami fokus pada pada semua cita rasa produk? karena pelanggan kami yang memintanya ?" kata Steve Lalla, Manajer Umum Kelompok Bisnis Dell, dalam acara dengan media sebagaimana dilaporkan Reuters.

Dell menghadirkan tablet Windows yang berukuran 10-inch. Tablet itu ditujukan untuk kembali mendesain ulang platform laptop komersial dan PC desktop. Perusahaan menilai langkah itu adalah penyegaran terbesar pada PC bisnisnya dengan 39 produk baru yang dijadwalkan akan memukul pasar tahun ini.

Tim Bajarin dari Creative Strategies mengatakan peluncuran produk Dell adalah yang "terkuat pada tahun ini."

Dia mengatakan tablet Dell Windows 7 akan menjadi sasaran pembeli dan tablet itu fokus pada segmen komersil seperti pendidikan dan kesehatan. "Kamu tidak akan melihat pengadopsian tablet Windows yang besar hingga Windows 8 muncul," kata Bajarin.

Dell mengharapkan tablet Windowsnya muncul di pertengahan 2011.

Sebagian besar dunia komputasi hari ini fokus pada tablet, meskipun tablet termasuk dari bagian penjualan PC.

"Rumor kematian PC terlalu dilebih-lebihkan," kata Rick Echevarria, Manager Umum Platform Klien Bisnis Untuk Intel. Intel mendominasi pasar chip PC namun sedikit untuk tablet.

Meskipun penjualan PC terus bertumbuh, sektor tablet dan smartphone yang meledak. Dell baru ini terjun ke kedua pasar itu untuk memajukan keuntungan dimana Dell sebelumnya bergantung pada penjualan PC.

Pasar tablet didominasi oleh iPad Apple dan berbagai macam model berbasis Android. Pesaing Dell, Hewlett-Packard akan memamerkan sebuah tablet baru yang beroperasi dengan perangkat lunak webOS Palm dalam sebuah acara pada Rabu.

HP telah meluncurkan tablet Windowsnya untuk bisnis tahun lalu, tetapi para analis melihat tablet itu gagal di pasaran.

Dalam sebuah wawancara, Lalla membandingkan tablet Windows Dell yang menggunakan chip Intel untuk netbook tanpa keyboard. Ini akan membuat pelanggan menggunakan warisan aplikasi Windows.

(Adam/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011