Denpasar (ANTARA News) - Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali akan ditutup selama 24 jam saat perayaan Hari Nyepi pada 5 Maret mendatang.

"Seperti tahun-tahun sebelunya, Bandara Ngurah Rai akan tutup selama Hari Raya Nyepi, terhitung mulai 5 Maret pukul 06.00 Wita hingga 6 Maret pukul 06.00 Wita," kata staf Humas PT Angkasa Pura I Ngurah Rai, Sherly Yunita, di Denpasar Kamis.

Penutupan bandara sudah diinformasikan kepada seluruh komunitas penerbangan. "Kami telah sampaikan informasi penutupan ini ke seluruh komunitas penerbangan sedunia melalui Notice to Airman," kata Sherly menambahkan.

Meski aktivitas penerbangan dihentikan, petugas tetap bersiaga. "Apabila selama periode penutupan tersebut, terjadi pendaratan pesawat darurat, maka petugas kami tetap siaga untuk membantu pelayanan dan panduan di bandara," ujar Sherly.

Sebelumnya Gebernur Bali I Made Mangku Pastika telah melayangkan surat ke empat Kementerian yakni Mendagri, Menlu, Menhub dan Menkominfo terkait penutupan Bandara Ngurah Rai.

"Surat telah kami layangkan 30 November 2010 kepada empat kementerian dengan tembusan ke Dirjen Perhubungan Laut, Udara dan Darat pada Kementerian Perhubungan serta 23 instansi terkait di pusat dan provinsi," ujar Kadis Perhubungan dan Informatik Bali I Made Santha.

Surat itu dikirim sejak empat bulan sebelum penutupan bandara, diharapkan bisa diteruskan ke seluruh maskapai domestik dan asing agar tidak menjadwalkan penerbangan ke Bali saat Hari Nyepi.

(M026/S019/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011