Roma (ANTARA News0 - Roma memilih pelatih tim yunior Vincenzo Montella sebagai pelatih baru mereka, hanya 24 jam setelah pengunduran diri Claudio Ranieri, demikian diumumkan klub Seri A itu, Senin.

Ranieri menyatakan mundur Senin setelah pertandingan di ibu kota Italia, ketika timnya kalah 3-4 atas Genoa, setelah memimpin 3-0, sebagai kekalahan beruntun Roma untuk keempat kalinya, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Kekalahan itu membuat tim itu tetap berada di urutan kedelapan klasemen sementara dan sembilan poin terpaut dari posisi kualifikasi Liga Champions terakhir, ketika mereka ditahan saingan sekota, Lazio.

Montella (36), mantan striker Roma, pernah disewa selama enam bulan oleh klub Liga Utama Inggris, Fulham, pada 2007.

Ketika sedang aktif bermain, ia dikenal dengan julukan L`Aeroplanino (pesawat kecil dan sebagai ciri khas ketika merayakan gol), ia sudah bermain internasional (calP 20 kali bersama tim nasional dan mencetak tiga gol).

Ia merupakan pemain kunci dari tim Roma, bersama Francesco Totti dan pemain dari Argentina Gabriel Batistuta, kemudian dilatih bos tim Inggris sekarang, Fabio Capello, ketika memenangi kompetisi liga terakhir pada 2001

Dalam kiprahnya selama 10 tahun bersama Roma antara 1999 dan 2009, ia mencetak total 118 gol.

Penunjukannya sebagai pelatih saat ini, merupakan posisi terbesar, karena sebelumnya pengalamannya hanya melatih tim Roma di bawah usia 15 tahun.

Roma dalam proses akan dijual kepada salah satu konsorsium yang diketuai orang kaya industrialis Italia-Amerikan, Thomas DiBenedetto.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011