Wigan, Inggris (ANTARA News) - Edwin van der Sar adalah pahlawan bagi Manchester United saat tim asuhan Sir Alex Ferguson tersebut unggul empat poin di puncak klasemen Liga Utama Inggris (Liga Premier) dengan kemenangan 4-0 di Wigan, Sabtu.

Gol kedelapan dan kesembilan pemain nasional Meksiko, Javier Hernandez, pada menit ke-17 dan 74 membantu United meraih kemenangan ke-13 berturut-turut atas Wigan, sementara Wayne Rooney dan Fabio Da Silva juga mencetak gol.

Namun penampilan, heroik kiper berusia 40 tahun Van der Sar lah yang membuat United menjauh dari saingan terdekatnya, Arsenal, dengan 11 pertandingan tersisa.

Mantan kiper Belanda itu menandai penampilannya yang ke-250 bagi United dengan serangkaian penyelamatan yang spektakuler, membuat frustrasi Victor Moses, Ben Watson dan Maynor Figueroa sebelum Rooney memastikan kemenangan dengan gol ketiga bagi United.

Wigan kalah dalam seluruh 12 pertemuan sebelumnya dengan United, kemasukan 37 kali selama proses tersebut. Namun, mereka memasuki pertandingan dalam keadaan tidak terkalahan pada tiga laga tandang liga sebelumnya termasuk hasil imbang 1-1 di Liverpool.

Setelah dikritik mengenai lapangan permainan mereka oleh manajer mereka sendiri Roberto Martinez, Wigan mengganti lapangan menjelang kedatangan United.

Dan, tidak perlu waktu lama bagi tim tuan rumah untuk beradaptasi dengan lapangan baru.

Selama awal yang cemerlang dari Wigan, penyerang asal Kolombia Hugo Rodallega menyaksikan tembakannya pada menit kelima melayang melampaui mistar gawang.

Kemudian pemain sayap tim U-21 (di bawah 21 tahun) Inggris, Moses menggunakan langkahnya untuk berada di belakang pertahanan United dan mengantarkan tendangan rendah menyilang area penalti. sayangnya, tidak ada pemain berkostum biru yang membelokkan tendangan tersebut melintasi garis gol bagi Wigan.

Namun, setelah menerima tekanan dari tim tuan rumah, United mengambil kendali melalui Hernandez setelah Van der Sar menghasilkan penyelamatan luar biasa untuk mengelakkan usaha Moses yang bertubi-tubi.

Sekali lagi Nani memberi bantuan, pemain sayap asap Portugal itu melaju di kiri sebelum menghasilkan umpan silang menuju Hernandez, yang mengabaikan pengawalnya, untuk mengarahkan bola ke gawang dari jarak lima yard (sekitar 4,5 meter) pada menit ke-17.

Hernandez hanyalah awal setelah Ferguson memilih meninggalkan pencetak gol terbanyak dalam Liga Premier Dimitar Berbatov di bangku cadangan menjelang pertandingan Selasa depan di kandang juara bertahan Chelsea.

Namun, Wigan nyaris menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian ketika Watson mendapat peluang, akan tetapi usaha jarak dekat pemain tengan tersebut berhasil diselamatkan Van der Sar dengan cemerlang.

Itu adalah awal dari periode penting bagi United, dengan lima pertandingan liga dan piala liga dalam waktu 17 hari kemungkinan mengembangkan musim kompetisi mereka.

Meskipun mereka selamat dari beberapa kekhawatiran di awal, tim Ferguson sudah memastikan meraih ketiga poin sebelum jeda pertandingan.

Pergerakan mengalir yang melibatkan Paul Scholes berakhir dengan tembakan Nani memantul tiang gawang dan berhasil dijinakkan kiper Ali Al Habsi saat waktu menunjukkan setengah jam.

Namun, dibutuhkan penyelamatan berikutnya dari bintang pertandingan Van der Sar untuk menghindarkan gol dari Figueroa pada penampilan ke-100 pemain nasional Honduras tersebut dalam Liga Premier.

Figueroa melayangkan bola sejauh 30 yard (lebih dari 27 meter) pada menit ke-48, usaha sundulannya itu mengarah ke gawang sebelum Van der Sar mengelakkannya.

United mengakhiri pertandingan dengan kuat meskipun Nani menyia-nyiakan peluang meraih hatrik sebelum Hernandez semakin memperkuat keunggulan 16 menit menjelang usai dengan penyelesaian yang tenang setelah diberi umpan oleh Rooney, yang membuat kedudukan menjadi 3-0 dengan usaha jarak dekatnya enam menit menjelang bubaran.

Wigan semakin terpuruk melihat skor setelah pemain cadangan Fabio membuat kedudukan menjadi 4-0 tiga menit menjelang pertandingan usai.
(Uu.F005/AFP)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011