Los Angeles (ANTARA News) - "Toy Story 3" memengkan Oscar untuk Film Animasi Terbaik, dan ini menjadikan film animasi rilisan Pixar keempat yang memenangkan penghargaaan serupa beberapa tahun lalu.

Toy Story 3 menyisihkan pesaing ketatnya film animasi Hollywood lainnya, "How to Train Your Dragon," dan film produksi patungan Inggris-Prancis "The Illusionist."

"Toy Story 3," film paling populer pada box office tahun lalu dengan nilai penjualan 1,1 miliar dolar AS, adalah serial ketiga film animasi yang bercerita tentang bonek-boneka jagoan dan favorit yang dihidupkan bagai manusia.

"Terimakasih kepada pemira semua di seluruh dunia yang menontoni film ini dalam jumlah bersejarah dan merangkul film tentang boneka-boneka hidup yang bermimpi suatu saat berkata-kata seperti manusia ini," kata sutradara film ini, Lee Unkrich, seperti dikutip Reuters.

Film animasi ini diisi oleh suara-suara para aktor terkenal seperti boneka astronot Buzz Lightyear yang disuarakan aktor Tim Allen, sedangkan Woody si koboy disuarakan Tom Hanks.

Serial terbaru ini menceritakan boneka-boneka yang menderita karena dikandangkan di tempat penitipan anak. Mattel yang memproduksi film ini memainkan Barbie dan Ken sebagai figur-figur baru.

Pixar, unit dari Walt Disney Co, memenangkan kategori animasi terbaik tahun lalu dalam  "Up," lalu pada 2009 dengan "WALL-E," dan pada 2008 lewat "Ratatouille."

Pixar juga memenangkan Oscar  2004 lewat "Finding Nemo" dan pada 2005 dalam "The Incredibles."  Osacar pertamakali diterima Pixar pada 2002, enam tahun selelah bos Pixar John Lasseter mendapat penghargaan khusus Oscar dalam kerja timnya pada "Toy Story" pertama.

Pada sebuah simposium animasi pekan lalu, Unkrich mengatakan kendati keberhasilan besar Pixar selama bertahun-tahun, prilaku perusahaan tak akan berubah, sejak dia memulai karirnya sebagai editor "Toy Story" yang diluncurkan pada 1995.

"Anda pasti mengira kami tahu apa yang kami kerjakan saat itu, padahal saya tidak pernah menyangka siapapun di perusahaan akan mengatakan apa yang kami lakukan," katanya. (*)

Reuters/Jafar

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011