Jakarta (ANTARA News) - Menurut laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security yang dikeluarkan akhir Februari, tingkat phishing pada Januari 2011 turun 16 persen.

Dalam siaran pers yang diterima Senin (28/2) disebutkan, penurunan tersebut terutama disebabkan karena penurunan di hampir semua sektor phishing.

Website phishing yang dibuat dengan toolkit otomatis menurun sekitar 39 persen, sementara URL unik menurun sebesar 1 persen. Website phishing dengan domain IP (mis. domains seperti http://255.255.255.255) menurun sebesar 49 persen.

Layanan penyedia web menyumbang sebesar 12% dari keseluruhan kegiatan phishing,  meningkat sebesar 19 persen dari bulan sebelumnya.

Jumlah situs phishing non-Bahasa Inggris meningkat sebesar 5 persen. Diantara situs phishing non-Bahasa Inggris, situs berbahasa Perancis dan Portugis merupakan yang tertinggi di bulan Januari.
 
Symantec melihat volume spam global, yang telah menjadi topik beberapa bulan ini, terlihat tidak menurun lagi. Meskipun angkanya masih menurun di Januari dibandingkan bulan sebelumnya (month-over-month), kenaikan kembali yang terlihat di awal Januari sepertinya menjadi perubahan tetap dalam lanskap spam.

Symantec memperkirakan akan terjadi peningkatan volume spam Februari dibandingkan bulan sebelumnya, mungkin kenaikan pertama sejak Agustus 2010. Spam menyumbang sebesar 79.55 persen dari keseluruhan email di bulan Januari, dibandingkan dengan 81.69 persen pada Desember 2010.

Pada laporan bulan lalu, Symantec menyoroti penurunan tajam spam di sekitar Hari Natal dan peningkatan kembali pada 10 Januari. Volume spam global terus meningkat secara bertahap setelah botnet Rustock kembali beraksi pada 10 Januari.

Volume spam global di bulan Januari 2011 turun sebesar 15.7 persen dibandingkan bulan Desember 2010. Hal ini terutama disebabkan oleh pemutusan Rustock yang mempengaruhi volume selama 10 hari pertama tahun ini.

Symantec memperkirakan volume spam di bulan Februari akan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya untuk pertama kalinya sejak Agustus 2010. Symantec meramalkan persentase spam sepertinya juga akan meningkat.

Salah satu prediksi untuk 2011 adalah bahwa volume spam akan meningkat, namun dengan kecepatan yang jauh lebih rendah dibandingkan pasca pemutusan McColo. Prediksi tersebut masih benar sejauh ini, meskipun masih berada di awal tahun.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011