Kairo (ANTARA News) - Para Menteri Luar Negeri Liga Arab bertemu Rabu ini di Kairo guna membicarakan rancangan resolusi penolakan terhadap intervensi militer asing di Libya, kata seorang wakil sekretaris jenderal liga itu seperti dikutip Reuters.

"Liga Arab, pada tingkatan delegasi permanennya pada Selasa memperkenalkan sebuah resolusi yang akan diserahkan kepada para menteri luar negeri dalam pertemuan itu untuk menolak segala bentuk intervensi militer asing di Libya," kata Wakil Sekjen Liga Arab Ahmed Ben Helli.

Ketua Liga Arab Amir Moussa, pekan lalu telah meminta kekerasan di Libya segera diakhiri, seraya menyebut keinginan warga Arab untuk perubahan adalah sah.

Ia juga meminta pihak-pihak berselisih melakukan dialog, bukan berkonfrontasi.

Pertemuan tingkat menteri luar negeri pada Rabu tersebut diharapkan akan memperkuat kutukan liga tersebut terhadap pemimpin Libya Muamar Gaddafi, namun rancangan resolusi tersebut akan menegaskan "persatuan dan integritas tanah air Libya".

Liga Arab telah membekukan partisipasi utusan Libya di badan regional yang berbasis di Kairo itu, sebagai kutukan terhadap aksi kekerasan yang digunakan pasukan Gaddafi guna menangkal demonstrasi.(*)

KR-PPT/M016

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011