Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebaiknya menjaga soliditas kabinet dengan tidak berspekulasi mewacanakan PDI Perjuangan masuk ke koalisi parpol pendukung pemerintah.

"Publik sudah memahami sikap politik PDI Perjuangan dan mendukungnya sebagai partai penyeimbang pemerintah," kata Bambang Soesatyo melalui surat elektronik (email), Kamis.

Menurut dia, demi proses pendewasaan demokratisasi, Dewan Pembina Partai Demokrat hendaknya menghormati pilihan politik PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan.

Jika Partai Demokrat terus "menggoda" PDI Perjuangan untuk masuk ke koalisi, kata dia, maka kesan ketidakpastian akan semakin menguat.

"Kinerja para menteri saat ini tidak maksimal karena kabinet selalu dihantui isu perombakan," katanya.

Menurut dia, kondisi ini menyebabkan pelaksanaan program dan kebijakan dari kementerian berjalan tersendat sehingga merugikan rakyat.

Karena program pembangunan nasional yang merupakan tugas pemerintah, kata dia, menjadi terabaikan oleh perilaku elite yang mempertahankan kekuasaan.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, saat ini tindakan paling strategis yang perlu dilakukan presiden adalah memperkuat soliditas kabinet dan koalisi serta mendorong kedewasaan berpolitik di DPR.

"Hal ini penting untuk mencegah perilaku politik yang kurang elegan dan kurang bijaksana," katanya.(*)

(T.R024/D011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011