Mexico City (ANTARA News) - Pembalap Prancis Sebastien Ogier berhasil mempertahankan keunggulan tipisnya di Reli Meksiko atas rekan senegara yang juga rekan setimnya di tim Citroen Sebastien Loeb pada penutupan hari pertama kejuaraan reli itu, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Ogier berada 2,3 detik di depan juara dunia tujuh kali Loeb dalam aksi kejar mengejar waktu tercepat di setiap trayek khusus (SS) yang dipertandingkan selama satu hari penuh pada reli seri kedua itu di negara bagian Guanajuato, Meksiko.

"Saya gembira sekali bisa mempertahankan keunggulan atas Loeb, tapi akan lebih gembira lagi apabila tetap berhasil menjadi yang terdepan pada hari (terakhir) Minggu nanti," kata Ogier kepada para wartawan seperti dikutip Reuters.

"Akan sulit untuk mempertahankan posisi ini besok karena saya harus membersihkan lintasan (start pertama kali)," kata Ogier.

Loeb yang terus membuntuti Ogier di sepanjang hari itu berhasil merebut empat dari sembilan trayek khusus (SS) dan dia memiliki keyakinan tinggi untuk dapat kembali memenangi reli Meksiko yang kelima kalinya  berturut-turut.

"Benar-benar pertempuran yang hebat semenjak awal start tadi, kami mengeluarkan seluruh kemampuan agar bisa saling mengalahkan, tapi Ogier hari ini memang sangat kencang dan saya gembira dengan posisi saya untuk start besok sebab itu berarti saya tinggal ngebut di jalan yang sudah dibersihkan oleh Ogier," kata Loeb.

Pemuncak klasemen sementara Mikko Hirvonen dari Finlandia, yang menang pada reli sesi pembuka di Swedia bulan lalu, mengalami masalah pada mobil balap Fordnya, dan harus puas menyelesaikan hari pertama itu di tempat ketiga dengan selisih waktu lebih dari satu menit di belakang.

Mobil terasa mudah sekali tergelincir sehingga sulit bagi saya untuk mengontrolnya, untunglah kami tidak membuat kesalahan hari ini," kata Hirvonen.

"Pada dua SS terakhir mobil kami kemudian mengalami overheat. Sepertinya besok kami akan kesulitan mengejar Citroen, tetapi kami tak akan menyerah," tambah Hirvonen.

Pembalap Norwegia Petter Solberg yang memenangi lintasan prolog di jalan raya Guanajuato Kamis dengan Citroennya harus rela tertinggal tujuh menit di belakang gara-gara sistem kelistrikan mobilnya rusak.

H-OKS/A020

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011