Pandeglang (ANTARA News) - Pembangunan Bandara Banten Selatan yang berlokasi di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dilaksanakan oleh konsorsium.

"Pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan konsorsium yang anggotanya perusahaan nasional dengan perusahaan dari Singapura," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang Ferry Hasanuddin di Pandeglang, Senin.

Mengenai proses pembangunan fasilitas umum itu, menurut dia, sampai saat ini masih berjalan, dan izin lokasi dari Kementerian Perhubungan telah keluar.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Gubernur Banten, juga telah mengirimkan surat persetujuan pembangunan Bandar Banten Selatan tersebut.

Kemudian, pihak konsultan juga telah melakukan ekspos terkait rencana pembangunan fasilitas umum tersebut di Kementerian Perhubungan, dan Pemkab Pandeglang telah menyediakan lahan 600 hetare untuk lokasi Bandara.

Pembangunan Bandara itu, kata dia, merupakan program dari pemerintah pusat guna mendukung kelancaran transportasi. Tujuannya untuk memudahkan penanganan ketika terjadi bencana di wilayah Pandeglang bagian selatan itu.

Sembilan kecamatan di wilayah Pandeglang bagian selatan di antaranya Panimbang merupakan daerah langganan banjir bandang. Setiap turun hujan deras di wilayah itu dipastikan terjadi banjir cukup tinggi dan merendam rumah penduduk, areal pertanian serta perkebunan.
(S031/S025)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011