Jakarta (ANTARA News) - Dengung Era Cloud Computing (komputasi awan) yang kian populer di dunia mendorong Oracle menawarkan Oracle Cloud Solutions bagi segmen enterprise yang menjangkau semua komponen infrastruktur yang dibutuhkan industri.

Willie Hardie Vice President oracle Database Product Marketing mengatakan, persoalan keamanan merupakan prioritas bagi perusahaan untuk beralih ke cloud computing.

Perusahaan perbankan dan telekomunikasi merupakan segmen yang tepat untuk melakukan migrasi infrastuktur ke komputasi awan, kata Hardie dalam diskusi bertajuk "Roadmap To Enterprise Cloud Computing" di Senayan, Jakarta, Selasa.

Bagi kinerja pada segmen enterprise, Hardie mengatakan, Oracle memberikan Police Base management yang mampu mengatur performa terbaik bagi pengguna dalam menggunakan cloud computing.

Cloud Computing menurut NIST (National Institute Of standard Technology) adalah model yang memungkinkan akses on-Demand terhadap sumber daya komputasi yang dapat di konfigurasi dalam waktu singkat untuk dapat digunakan bersama-sama seperti jaringan, server, penyimpanan, aplikasi dan layanan.

"Kami bisa menyediakan kepada pengguna on-demand service melalui layanan aplikasi/software mengenai database, storage dalam cloud computing," kata Hardie.

Oracle juga menyediakan tiga macam model layanan cloud computing yaitu Software As a Service (SaaS) dengan contoh produk Oracle CRM On Demand, Platform As service (PaaS) yang spesifik ditujukan untuk bahasa pemrograman atau API, seperti java atau Python.

Infrastructuce as a Service (Iaas) perangkat server, media penyimpanan dan jaringan dihadirkan sebagai layanan.

Strategi Oracle dalam menyediakan cloud computing adalah menyediakan produk yang paling lengkap, meliputi private cloud, public cloud, community cloud, dan hybrid cloud.

Oracle menggunakan dua mesin untuk layanan komputasi awan yakni Oracle Exadata Database dan Exalogic Elastic Cloud.

Spesifikasi mesin Oracle Exadata Database diantaranya Database Server Pool, terdiri dari Oracle database 11g release 2, Oracle Real application Clusters, dan Automatic Storage management. Storage up to 366 TB disk, TB Flash Storage Oracle exadata storage software dan infiniband network yang terdiri dari 40GB/sec redudant switches.

Sementara Exalogic Elastic Cloud menawarkan spesifikasi Oracle Weblogic Server Grid yang terdiri dari 30 Cumpute servers: 360 cores, 2,8 TB DRAM, 960 GB Solid state disk. Integrated Storage Appliance yang terdiri dari Software images & Application files, 40 TB SAS disk Storage.

Kemudian dengan 4 TB read & 72n Write caches, dan Infiniband Network yang terdiri dari 40 GB/sec redundant switches.

(Yud/S026)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011