Karawang (ANTARA News) - Kebakaran yang menghanguskan lebih dari enam rumah di kawasan padat penduduk di Kampung Jatirasa, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu diduga akibat tabung gas meledak.

"Awalnya tabung gas meledak, lalu menyambar ke tong yang berisi minyak tanah. Setelah itu terjadi kebakaran," kata Ny Lili, salah seorang warga setempat, di Karawang.

Dikatakannya, di sekitar Kampung Jatirasa, tepatnya di lokasi kebakaran, terdapat bangunan gudang minyak tanah. Karena itu, setelah gas meledak hingga terjadi kebakaran, api sangat cepat membesar dan menyambar.

Saat kebakaran, juga terdengar suara dentuman yang bersumber dari gudang minyak yang berada di sekitar kawasan padat pemukiman penduduk itu.

Sejumlah warga setempat, kata dia, langsung bergotong-royong berusaha memadamkan api yang membakar rumah-rumah di Kampung Jatirasa.

"Warga menggunakan air seadanya dengan menggunakan ember saat berusaha memadamkan api," kata Ny Lili.

Seorang korban kebakaran, Aan, mengaku rumah dan isi rumahnya hangus terbakar, karena api yang menyambar ke rumahnya sangat cepat sehingga tidak sempat mengamankan perabotan rumahnya.(*)

(T.KR-MAK/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011