Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, sudah mulai fokus latihan dengan mitra tanding untuk menghadapi penantangnya, Daud "Cino" Jordan, di Hall D Kemayoran, Jakarta, 17 April 2011.

Petinju dengan julukan The Dragon tersebut ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, saat ini sudah ada empat petinju yang menjadi mitra latih tandingnya selama menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym, Perth, Australia.

Ia menyebutkan, empat petinju mitra tandingnya tersebut satu berasal dari Amerika Serikat, yaitu Yuandale Evans. "Dia (Yuandale Evans) sudah datang ke Australia pada Rabu (9/3) dan sudah mulai menjadi mitra tanding saya," katanya.

Kemudian, kata petinju dengan rekor bertarung 44 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut, tiga petinju lainnya berasal dari Australia, yaitu Ben Rabah, Matt Gariel, serta Williem Kickket.

"Kita sudah masuk sesi latihan dengan mitra tanding setelah sebelumnya digenjot dengan latihan untuk peningkatan fisik," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar dengan menang angka mutlak atas petinju Argentina, Fernando Saucedo, di Jakarta, 5 Desember 2010.

Di sisi lain, petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, mengatakan, dalam beberapa hari mendatang sudah ada keputusan soal kelanjutan latihan di Indonesia.

"Soal kapan saya melanjutkan latihan di Tanah Air, tentu akan saya kabari. Yang jelas dalam beberapa hari mendatang sudah ada putusan soal kelanjutan latihan saya di Indonesia," kata petinju yang sudah 13 kali mempertahankan gelarnya tersebut.

Chris John yang berlatih di Sasana Heryy`s Gym Perth, Australia, sejak Rabu (9/2), langsung menjalani latihan peningkatan fisik selama hampir satu bulan kemudian dilanjutkan dengan latihan teknik, yaitu menggunakan mitra latih tanding.

Pertarungan melawan Daud Jordan mendatang merupakan yang ke-14 kali bagi ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut untuk mempertahankan gelarnya.

Dari 13 kali pertarungan sebelumnya, lima di antaranya dilalui dengan tarung wajib atau "mandatory fight" yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Kemudian delapan pertarungan yang lain melalui tarung pilihan atau "choice", yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Renant Acosta (Panama), Osamu Sto dan Zaiki Takemoto (Jepang), Tommy Brouwn (Australia), dua kali melawan Rocky Juarez (Amerika Serikat), dan terakhir melawan Fernando Saucedo (Argentina).
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011