Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, menegaskan bahwa laporan WikiLeaks tentang penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sama sekali tidak benar.

"Berita The Age dan Sydney Morning Herald, yang bersumber dari WikiLeaks tentang Presiden Yudhoyono yang melakukan penyalagunaan wewenang sama sekali tidak benar," katanya di Jakarta, Jumat.

Oleh karena itu, Pemerintah telah meminta Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mengklarifikasi kawat diplomatik perwakilannya di Jakarta ke Washington yang memuat tuduhan tindakan penyalahgunaan wewenang kekuasaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang dilansir kedua harian Australia itu.

Djoko menyatakan, Pemerintah RI juga tengah menyiapkan hak jawab atas berita tersebut, dan meminta kedua harian dari Australia tersebut untuk membuat klarifikasi kepada publik.

The Age mempublikasikan berita surat kabar tersebut dalam versi digitalnya melalui laman http://www.theage.com.au/frontpage/2011/03/11/frontpage.pdf yang pada Jumat, pukul 17.27 waktu kota setempat sedang diakses oleh 1.774 pembaca dalam jaringan (daring atau online).

Sementara itu, Sydney Morning Herald mempublikasikan koran berita versi digital (e-paper) melalui laman http://smh.newspaperdirect.com/epaper/viewer.aspx yang pada pukul 17.55 waktu kota setempat sedang diakses oleh 5.626 pembaca daring.
(T.R018/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011