London (ANTARA News) - Ratu Inggris Elizabeth II menyampaikan simpati ke Jepang, Jumat, setelah gempa bumi besar melanda bagian timur laut Jepang sehingga menewaskan lebih dari 380 orang.

Dalam pesannya kepada Kaisar Jepang Akihito, Ratu berkata, "Saya sedih mendengar jatuhnya korban secara tragis karena gempa bumi yang melanda timur laut Jepang hari ini."

"Pangeran Philip bersama saya menyampaikan simpati yang tulus kepada Yang Mulia dan rakyat Jepang. Doa dan pikiran kami bersama dengan setiap orang yang tertimpa bencana mengerikan itu."

Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, mengatakan dia telah mendengar berita gempa dan tsunami dasyat yang menciptakan "kejutan besar dan kesedihan mendalam" itu.

Dalam pesan terpisahnya kepada kaisar, Charles berkata, "Anda semua selalu berada di pikiran dan doa-doa kami di saat paling mengerikan dan menantang ini."

Menteri Luar Negeri William Den Haag mengatakan Inggris siap mengirimkan bantuan kemanusiaan serta tim pencarian dan penyelamat ke kawasan gempa.

Menurut sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri juga menyarankan warga negara Inggris untuk menghindari semua perjalanan tidak mendesak ke Tokyo dan timur laut Jepang "saat kami melakukan penilaian dampak". (*)
G003/A011

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011