Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan vaksinasi Covid-19 berperan penting dalam memulihkan kegiatan di sektor transportasi dan pariwisata di Indonesia.

"Indonesia percaya diri bahwa upaya vaksinasi merupakan langkah yang berarti untuk memulihkan sektor transportasi dan pariwisata," kata Budi Karya Sumadi dalam webinar "Road to Recovery Webinar Series: The Future of Travel" yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Budi Karya mengatakan, sektor transportasi menjadi bagian yang krusial dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Hal tersebut lantaran pergerakan dan interaksi masyarakat berpotensi menyebabkan kasus positif Covid-19 semakin tinggi.

Baca juga: Menhub tinjau progres pembangunan Pelabuhan Sanur Bali

Meskipun demikian, kata dia, pemerintah menyadari bahwa sektor transportasi juga berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian.

Oleh sebab itu, pengendalian mobilitas masyarakat dan pengetatan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus terus dilakukan.

"Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan yang sudah direncanakan. Di sisi lain, penanganan Covid-19 juga dilakukan secara serius dan berkelanjutan," ujarnya.

Menhub menyampaikan, kegiatan vaksinasi akan terus dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal.

Baca juga: Menhub pastikan Bandara Ngurah Rai Bali terapkan prokes secara ketat

Menurut dia, antisipasi perlu dilakukan mengingat upaya pemerintah dalam mengendalikan kasus Covid-19 sampai saat ini sudah berjalan baik, sehingga jangan sampai terjadi kenaikan kasus positif.

"Di sejumlah wilayah kita berlakukan sejumlah ketentuan dan syarat perjalanan yang sangat ketat. Pemerintah juga terus melanjutkan program vaksinasi sebagai upaya mencapai herd immunity," pungkasnya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021