London (ANTARA News) - Bolton berhasil melaju ke babak semifinal Piala FA setelah menang 3-2 atas Birmingham di stadion St. Andrew Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari).

Lee Chung-Yong berhasil membuat Bolton lolos ke babak empat besar Piala FA itu setelah terciptanya gol pada menit ke-90 dalam pertandingan seru.

Tim besutan Owen Coyle itu mulanya terlihat akan tersingkir dalam babak perempat final itu ketika Kevin Phillips menyarangkan sebuah gol penyeimbang kedudukan 2-2 pada menit-menit akhir pertandingan bagi Birmingham, namun gol hasil sundulan pemain tengah Bolton dari Korea Selatan itu akhirnya berhasil membawa tim tamu lolos ke semifinal Piala FA yang akan diadakan di stadion Wembley.

Bolton mulai memimpin perolehan gol melalui Johan Elmander pada menit ke-21 sebelum kemudian dapat disamakan untuk pertama kalinya oleh Cameron Jerome pada menit ke-38.

Bolton kembali memimpin dari sebuah titik penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Kevin Davies setelah pada menit ke-66 Curtis Davies melakukan pelanggaran terhadap pemain penyerang Bolton itu.

Namun 10 menit menjelang akhir pertandingan Phillips berhasil menyamakan kedudukan kembali untuk Birmingham dengan sebuah sontekan spektakuler yang melayang di atas kiper Bolton untuk kemudian masuk ke dalam gawang tanpa dapat dijangkau oleh sang kiper.

Impian Birmingham untuk menambah menyandingkan Piala FA dengan Piala Liga yang berhasil mereka bawa pulang bulan lalu, setelah berhasil mengalahkan Arsenal, harus berakhir ketika pemain pengganti Bolton Lee berhasil mengejar bola yang melayang hasil sundulan Davies yang kemudian disundulnya kembali untuk melewati kiper Ben Foster.

Coyle sangat senang atas performa Lee yang sangat berpengaruh terhadap serangan-serangan Bolton, namun dia tetap pada keputusannya untuk terus merotasi pemain-pemainya agar mereka tetap dalam keadaan segar dalam setiap pertandingan.

"Saya rasa Lee mampu bermain lebih sering untuk tim, tetapi dia belum sampai dua tahun bersama kami, jadi kami harus hati-hati menjaganya agar tetap fit dan tidak cedera," kata Coyle.

Bolton tidak lagi memenangi Piala FA semenjak terakhir mereka raih bersama pemain legendaris mereka Nat Lofthouse, yang meninggal pada awal tahun ini, yang waktu itu menjadi inspirator kemenangan mereka atas Manchester United di babak final pada 1958.

Sewaktu ditanya apakah timnya ingin meraih Piala FA untuk menghormati dan mengenang Lofthouse, Coyle menambahkan: "akan sangat menyenangkan jika hal itu benar-benar terjadi, dan kami akan berjuang keras untuk itu, meskipun ada beberapa rintangan lagi yang harus kami hadapi."

Dua pertandingan babak perempat final lainnya akan mempertemukan Manchester City yang akan menjamu Reading, dan West Ham bertandang ke Stoke, demikian AFP.

(SYS/H-OKS/Z002)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011