Bantul (ANTARA News) - Tim tuan rumah Persiba Bantul berhasil mengalahkan PSIR Rembang 4-0 pada pertandingan lanjutan Divisi Utama di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu sore.

Persiba Bantul yang sejak awal pertandingan langsung melakukan serangan tajam berhasil membuka kemenangan pada menit 12 melalui tendangan kaki pemain depan Fortune Udo setelah sebelumnya melakukan kerjasama yang bagus dengan pemain tengah Ezequiel Gonzales.

Tendangan kaki kanan Fortune Udo di sisi kanan gawang PSIR Rembang gagal diantisipasi kiper Nanang Hermawan sehingga mengubah skor menjadi 1-0 untuk Persiba Bantul.

Tim Persiba yang tidak menyurutkan serangan kembali menciptakan gol pada menit 16 melalui kaki Ugik Sugianto yang memanfaatkan umpan dari Fortune Udo. Ugik yang berdiri bebas di depan gawang PSIR Rembang berhasil menguasai bola umpan tersebut dan langsung melesakkan di sisi kanan gawang PSIR.

Ketinggalan dua gol, tim PSIR rembang kemudian mengganti penjaga gawang Nanang Hermawan yang digantikan Adi Gunawan.

Gol ketiga Persiba Bantul diciptakan pada menit 34 melalui pemain tengah Slamet Nurcahyo yang memanfaatkan umpan matang dari Ugik Sugiyanto.

Meski terus melakukan serangan dan banyak menciptakan peluang emas, tim Persiba Bantul tidak berhasil menambah gol kemenangan hingga wasit Novari Iksan dari Jakarta meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak ke dua permainan kedua tim justeru menurun dan tidak banyak terjadi serangan-serangan yang berbahaya.

Persiba Bantul baru berhasil menambah kemenangan dan merubah skor kemenangan menjadi 4-0 pada menit ke 84 melalui kaki Ezequiel Gonzalez yang berhasil meloloskan diri dari kawalan pemain belakang PSIR rembang.

Ezequiel yang berdiri bebas tanpa kawalan pemain belakang PSIR berhasil menjebol gawang PSIR rembang yang dijaga Adi Gunawan.

Dalam pertandingan yang berlangsung dalam suasana cerah dan disaksikan sekitar 10 ribu penonton tersebut, wasit tidak satupun mengeluarkan kartu.

Seusai pertandingan pelatih Persiba Bantul Sajuri Syahid menyatakan puas atas permainan anak asuhnya tersebut sehingga berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 4-0.

"Saya cukup puas karena para pemain sangat disiplin dan mampu melaksanakan seluruh instruksi sehingga berhasil meraih kemenangan dengan skor yang cukup besar," katanya.

Ia mengatakan, memang pada babak ke dua permainan anak buahnya sedikit melemah sehingga hanya ada satu gol tambahan saja. "Memang babak ke dua para pemain terlihat sedikit menurun, namun yang penting mereka berhasil mempertahankan kemenangan," katanya.

Sedangkan Asisten Pelatih Persiba Rembang Hadi Surento menyatakan memang tim tuan rumah bermain sangat bagus, sedangkan anak asuhnya bermain tidak pada perfoma terbaik.

"Jujur saja tim kami mengalami kendala teknis, dimana kami baru tiba di Bantul (Sabtu 12/3) sore sehingga tidak sempat mencoba lapangan, ini ternyata sangat berpengaruh terhadap penampilan para pemain," katanya.(*)

(U.V001/T009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011