Indian Wells, California (ANTARA News) - Unggulan teratas Caroline Wozniacki meningkatkan usahanya untuk memenangi gelar Indian Wells pertamanya dengan menyisihkan Maria Jose Martinez Sanchez untuk mencapai putaran keempat, Senin.

Petenis berusia 20 tahun, Wozniacki, yang kalah dari Martinez Sanchez pada tiga pertemuan mereka sebelumnya, mengalahkan petenis Spanyol itu dalam dua set langsung 6-1, 6-3 pada turnamen lapangan keras WTA/ATP 1000 Masters berhadiah sembilan juta dolar AS.

Wozniacki, yang harus tampil bagus di Indian Wells untuk mempertahankan peringkat nomor 1, mengalahkan Martinez Sanchez hanya dalam 71 menit, memenangi 85 persen dari kesempatan servis keduanya dan menyelamatkan dua "break point".

"Saya harus fokus pada servis saya," kata Wozniacki. "Ia mempunyai servis yang cukup sulit, sehingga begitu saya mematahkan servisnya, saya hanya perlu mempertahankan servis saya.

"Sepertinya sangat mudah, tetapi kadang sulit untuk dilakukan.

"Saya harus berjuang sampai poin terakhir, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi."

Wozniacki, kelahiran Denmark dari orang tua asal Polandia, maju ke putaran keempat untuk bertemu petenis Rusia Alisa Kleybanova yang mengalahkan unggulan 13 Flavia Pennetta asal Italia 6-3, 6-4.

Unggulan keempat tunggal putra Robin Soderling tersingkir dari Indian Wells, kalah 6-7 (10/8), 4-6 pada putaran ketiga dari petenis Jerman Philipp Kohlschreiber.

Petenis Swedia yang juga dua kali finalis Prancis Terbuka kalah untuk keduakalinya musim ini yang juga telah menghasilkan 19 kemenangan dan tiga gelar ATP Tour.

Soderling menyalahkan virus dan cedera kaki yang ia hadapi belakangan ini sebagai penyebab kekalahannya.

"Saya kalah ketika saya memutuskan untuk tampil di lapangan," katanya. "Duduk di sini setelah pertandngan saya merasa sepertinya saya tidak bisa tampil 100 persen dan saya merasa bodoh memilih bermain."

Kohlschreiber akan melawan salah satu di antara Juan Martin del Potro dari Argentina atau unggulan 20 Alexandr Dolgopolov pada putaran keempat.

Martinez Sanchez sudah mengalahkan Wozniacki tiga kali sebelumnya sejak di final turnamen lapangan tanah liat Bastad 2009 tempat petenis Spanyol itu menang 7-5, 6-4.

"Di Bastad saya melawan dia pada hari ulangtahun saya," kata Wozniacki. "Saya kira ia akan memberi saya hadiah, tetapi tidak."

Setiap tahun Wozniacki meningkatkan penampilannya di Indian Wells, mencapai final tahun lalu tempat ia kalah oleh Jelena Jankovic 2-6, 4-6.

Seluruh keempat kekalahannya di gurun California selalu oleh pemain 10 peringkat teratas dan kali ini adalah tahun pertama ia mengikuti turnamen tersebut sebagai peringkat satu dunia.

Ini adalah penampilan keduanya sebagai pemain peringkat teratas setelah merebutnya pada 21 Februari dari Kim Clijsters. Ia juga memegang posisi tersebut selama 18 pekan sejak Oktober 2010.

"Saya sesungguhnya menekan diri saya sendiri ketika saya memegangnya selama satu pekan (sebagai nomor satu), karena saya tahu bahwa ada pemain putri yang memegangnya hanya dua pekan.

"Maka saya seperti, tidak ingin menjadi orang yang paling sebentar memegangnya. Saya sungguh gembira memiliki ranking tersebut, dan saya bermain bagus.

"Saya sehat ... Itulah yang paling penting."

Pada pertandingan lainnya, petenis Spanyol Tommy Robredo mengalahkan Donald Young dari AS 6-0, 6-4 dan unggulan kesembilan Agnieszka Radwanska dari Polandia menyisihkan Maria Kirilenko dari Rusia 6-0, 2-6, 7-5, demikian dilaporkan AFP.

(SYS/F005/A023)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011