London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wina di Austria bekerja sama dengan Bali Village dan museum etnologi (Museum fur Volkerkunde) kota setempat mengadakan pemaparan wisata bertema "Bali Beauty Splash".

Sekretaris Tiga KBRI Wina, Luna A. Sidqi, dalam keterangannya kepada ANTARA News London, Kamis, mengemukakan bahwa acara di Museum fur Volkerkunde itu memiliki target khusus untuk biro perjalanan, dan dihadiri lebih dari 100 peserta yang terdiri atas perwakilan agen perjalanan di Austria, perwakilan hotel di Bali dan Lombok, dan komunitas sahabat museum (Friends of Museum), serta sahabat Indonesia (Friends of Indonesia). 

Informasi mengenai pariwisata di Bali tersebut dimeriahkan pula atraksi tarian Panji Semirang dan Legong yang dibawakan oleh anggota Gema Puspa Nusantara, kelompok tari Indonesia di Wina. Selain itu, panitia juga menggelar sajian kuliner khas Nusantara.


Direktur Museum Etnologi, Dr. Barbara Plankensteiner, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas pelaksanaan acara tersebut yang merupakan wujud kerja sama dengan KBRI di Wina selama ini.

Sementara itu, Duta Besar untuk Republik Federal Austria, I. G. A. Wesaka Puja, dalam pembukaan acara mengharapkan biro perjalanan Austria dapat mengetahui apa yang ditawarkan Pulau Bali dan mempromosikan kepada calon wisatawannya.

Berdasarkan survei Karmasin pada bulan Maret 2010, warga Austria senang untuk berlibur dengan pilihan tempat liburan yang memiliki iklim hangat, pantai dan budaya yang unik serta pilihan berbagai petualangan.

Wakil Ketua Bali Village, Herdy Dharmawan Sayogha, menyampaikan informasi bahwa Bali menawarkan jenis wisata mulai dari petualangan alam sampai dengan pengalaman budaya golf hingga terapi relaksasi janapada (spa).

Di pengujung acara, panitia mengadakan undian berhadiah, dan sembilan hadirin yang beruntung mendapatkan hadiah berupa tiket menginap di hotel-hotel di Bali. Hadiah utama berupa tiket pergi-pulang Wina-Denpasar persembahan maskapai Singapore Airlines. Proses pengundian dilakukan oleh Duta Besar RI, dan dimenangkan oleh salah satu perwakilan agen perjalanan di Wina.

Dalam beberapa tahun terakhir jumlah turis asal Austria mengalami penurunan dengan catatan pada 2009 sejumlah 16.771 orang, dan tahun 2010 hanya terdapat 15.845 turis Austria. Angka ini merupakan angka terkecil kedua di antara negara-negara Eropa lainnya berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Bali Village merupakan satu dari sembilan pemangku kepentingan dewan turisme Bali (Bali Tourism Board), yang berperan dalam promosi tujuan wisata.

Sejak pembentukannya pada tahun 1995, organisasi nirlaba itu menjadi penghubung antara Bali dengan komunitas dunia. Selain ke Austria, perjalanannya ke Eropa adalah dalam rangka ikut serta pameran promosi pariwisata  internasional di Berlin (International Tourism of Berlin - ITB) Jerman.
(T.H-ZG/F002)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011