Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, di Jakarta, Kamis, melepas tim bantuan kemanusiaan ke Jepang. Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa ikut hadir dalam misi kemanusiaan untuk membantu Jepang yang dilanda gempa dan tsunami pada Jumat (11/5).

Ada 15 personel tim satuan reaksi cepat penanggulangan bencana yang dijadwalkan akan berangkat ke Jepang pada Kamis malam.

"Sebanyak 15 orang ini adalah mereka yang akan berangkat pada Kamis malam nanti dari total keseluruhan 65 orang yang telah dipersiapkan untuk berangkat," kata Agung Laksono.

Ke-15 orang itu berasal dari Badan SAR Nasional(Basarnas), Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tim tersebut juga akan membawa 10 ribu selimut untuk korban tsunami di Jepang.

Pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan bantuan uang tunai sebesar dua juta dolar AS. "Uang sebesar dua juta dolar AS tersebut nantinya akan ditransfer langsung ke Pemerintah Jepang," kata Agung.

Pemerintah Indonesia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban gempa dan tsunami di Jepang, ujarnya.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dari seluruh bangsa Indonesia untuk Jepang," katanya menambahkan.
(T.W004/B009)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011