Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingatkan nelayan perairan Labuan, Kabupaten Pandeglang, selama tiga hari ke depan waspada karena tinggi gelombang mencapai 2,5 meter dengan tiupan angin rata-rata 12 knot atau 24 kilomeetr per jam.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdana Kusumah, Jumat, menyebutkan, prakiraan beberapa hari ke depan tinggi gelombang perairan Labuan berkisar 1,2 sampai 2,5 meter dengan rata-rata kecepatan angin 12 knot.

Gelombang bergerak dari arah barat dengan jarak pandang tiga sampai enam kilometer.

Tiupan angin dari arah tenggara dan cuaca berawan serta berpeluang hujan ringan terjadi sore hari.

Selain itu, suhu pada siang hari berkisar antara 23 - 32 derajat Celcius.

Selama ini, kata dia, cuaca di Perairan Labuan waspada karena gelombang berpeluang antara 2,5 sampai 3,0 meter dengan kecepatan angin rata-rata 16 knot.

Karena itu, pihaknya meminta nelayan di perairan Labuan meliputi Pantai Carita, Panimbang, Sumur, Tanjung Lesung dan Ujungkulon diminta hati-hati jika melaut untuk menghindari kecelakaan laut.

"Kami berharap nelayan pesisir Labuan waspada selama beberapa hari ke depan," ujarnya.

Sementara tinggi gelombang Perairan Selat Sunda bagian utara meliputi Ciwandan, Karangantu, Bojonegoro, Pulorida, dan Merak relatif normal berkisar 0,8-1,8 meter.

"Saya menjamin pelayaran Kapal Ro-Ro dan Kapal Cepat yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan normal seperti biasa," ujarnya. (MSR/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011